Hakikat Gaya Mengajar Resiprokal


Pada gaya resiprokal, kelas diorganisir dan dikondisikan dalam peran-peran tertentu (dibagi menjadi dua kelompok), ada peserta didik/siswa yang berperan sebagai pelaku, dan sebagai observer (pengamat) terhadap aktivitas yang dilakukan oleh kelompok pelaku, sedangkan guru sebagai fasilitator.
Kelompok siswa yang bertindak sebagai observer mengamati tampilan/aktivitas yang dilakukan oleh temannya (pelaku) dfengan membawa lembar observasi (pengamatan) yang telah disusun oleh guru, selanjutnya observer tersebut mengevaluasi tampilan dari kawannya yang bertindak sebagai pelaku. Dalam hal ini evaluasi dilakukan oleh peserta didik/siswa sendiri secara bergantian. Melalui upaya mengevaluasi aktivitas temannya, diharapkan siswa juga mengetahui konsep pelaksanaan yang benar, karena setiap siswa akan berperan sebagai observer (pengamat), maka mereka akan berupaya untuk menguasai konsep geraknya yang benar. Tanggungjawab dan pemberian umpan balik diberikan kepada siswa. Untuk pelaksanaan gaya resiprokal, siswa terlebih dahulu harus mempelajari teknik dasar, dan gaya resiprokal ini dilaksanakan pada pembelajaran teknik lanjutan. Gaya resiprokal juga memberikan kesempatan kepada teman sebaya untuk memberikan umpan balik dan peranan ini memungkinkan:

1. peningkatan interaksi sosial antar teman sebaya
2. umpan balik secara langsung.
Sasaran Gaya Resiprokal
1. Tugas (Materi Pembelajaran):
Ø  Memberi kesempatan untuk latihan berulang kali dengan seorang pengamat
Ø  Siswa menerima umpan balik langsung
Ø  Sebagai pengamat, siswa memperoleh pengetahuan penampilan tugas
2. Peranan Siswa:
Ø  Memberi dan menerima umpan balik
Ø  Mengamati penampilan teman dan mengoreksi
Ø  Menumbuhkan kesabaran dan toleransi
Ø  Memberikan umpan balik
Akibat ada interaksi social antara siswa dengan pasangannya :
1.      Umpan balik langsung
2.      Guru mengamati pelaku dan pengamat, tapi hanya berkomunikasi dengan pengamat
3.      Guru memberikan kriteria perilaku yang harus ditampilkan sebelum pelaksanaan pembelajaran
Peranan Guru
a.    Menjawab pertanyaan dari pengamat
b.    Berkomunikasi dengan pengamat
c.    Memantau pelaksanaan pembelajaran
Hal Hal Yang Dilakukan Guru Sesudah Pembelajaran:
1.      Menerima criteria perilaku
2.      Mengamati penampilan perilaku
3.      Membandingkan dan mendiskusikan penampilan dengan kriteria perilaku
4.      Menyimpulkan hal hal mengenai penampilan kepada perilaku
5.      Menyimpulkan posisi atau level penampilan disbanding dengan kriteria
6.      Guru harus menjawab / mengomentari pertanyaan atau pernyataan yang disampaikan siswa.

Hal Yang Perlu Ditekankan Kepada Pengamat :
1.      Pengamat harus berperilaku sesuai dengan kriteria perilaku pengamat
2.      Pastikan bahwa pengamat memberikan umpan balik sesuai dengan kriteria perilaku
Keuntungan atau kerugian.
Gaya ini memberikan keuntungan antara lain sbb:
a.   memberikan umpan balik seketika tanpa di tunda tunda yang mempunyai pengaruh nyata terhadap proses belajar siswa. Umpan balik ini berupa informasi tentang apa yang diperbuatnya baik yang benar atau yang keliru.
b.   dapat mengembangkan cara kerja dalam tim kecil. Sehingga aspek sosialnya berkembang.
c.   meningkatkan proses belajar mengajar dengan cara mengamati secara sistematik gerakan atau pokok bahasan dari teman. Pada dasarnya, mengamati kegiatan belajar teman itu merupakan suatu proses belajar mengajar juga.
Kelemahan itu dapat dikemukakan sbb:
a.       Sering menimbulkan situasi yang emosional antar apelaku dan pengamat yang disebabkan pengamat berlaku berkelebihan dalam menyampaikan informasi yang bersangkutan. Perilaku yang berkelebihan antara alain menyampaikan dengan nada mengejek, menghakimi, bergaya mengurui yang serba tahu.
b.      Pada umumnya pelaku tidak tahan terhadap kritik siswa pengamat sehubungan dengan hasil belajar yang pemah dilakukan sebelumnya. Siswa pelaku tidak mau terima hasil pengamatan temannya. Situasi ini sering menimbulkan ketegangan anatara siswa pelaku dan siswa pengamat.
c.       Sering juga terjadi pasangan ini justru memantapkan suatu perilaku belajar yang sama, disebabkan mereka salah menafsirkan deskripsi gerakan atau pokok bahasan yang tertera dalam lembaran kerja.
8.    Hakikat Gaya Mengajar Resiprokal
Pada gaya resiprokal, kelas diorganisir dan dikondisikan dalam peran-peran tertentu (dibagi menjadi dua kelompok), ada peserta didik/siswa yang berperan sebagai pelaku, dan sebagai observer (pengamat) terhadap aktivitas yang dilakukan oleh kelompok pelaku, sedangkan guru sebagai fasilitator.
Kelompok siswa yang bertindak sebagai observer mengamati tampilan/aktivitas yang dilakukan oleh temannya (pelaku) dfengan membawa lembar observasi (pengamatan) yang telah disusun oleh guru, selanjutnya observer tersebut mengevaluasi tampilan dari kawannya yang bertindak sebagai pelaku. Dalam hal ini evaluasi dilakukan oleh peserta didik/siswa sendiri secara bergantian. Melalui upaya mengevaluasi aktivitas temannya, diharapkan siswa juga mengetahui konsep pelaksanaan yang benar, karena setiap siswa akan berperan sebagai observer (pengamat), maka mereka akan berupaya untuk menguasai konsep geraknya yang benar. Tanggungjawab dan pemberian umpan balik diberikan kepada siswa. Untuk pelaksanaan gaya resiprokal, siswa terlebih dahulu harus mempelajari teknik dasar, dan gaya resiprokal ini dilaksanakan pada pembelajaran teknik lanjutan. Gaya resiprokal juga memberikan kesempatan kepada teman sebaya untuk memberikan umpan balik dan peranan ini memungkinkan:

1. peningkatan interaksi sosial antar teman sebaya
2. umpan balik secara langsung.
Sasaran Gaya Resiprokal
1. Tugas (Materi Pembelajaran):
Ø  Memberi kesempatan untuk latihan berulang kali dengan seorang pengamat
Ø  Siswa menerima umpan balik langsung
Ø  Sebagai pengamat, siswa memperoleh pengetahuan penampilan tugas
2. Peranan Siswa:
Ø  Memberi dan menerima umpan balik
Ø  Mengamati penampilan teman dan mengoreksi
Ø  Menumbuhkan kesabaran dan toleransi
Ø  Memberikan umpan balik
Akibat ada interaksi social antara siswa dengan pasangannya :
1.      Umpan balik langsung
2.      Guru mengamati pelaku dan pengamat, tapi hanya berkomunikasi dengan pengamat
3.      Guru memberikan kriteria perilaku yang harus ditampilkan sebelum pelaksanaan pembelajaran
Peranan Guru
a.    Menjawab pertanyaan dari pengamat
b.    Berkomunikasi dengan pengamat
c.    Memantau pelaksanaan pembelajaran
Hal Hal Yang Dilakukan Guru Sesudah Pembelajaran:
1.      Menerima criteria perilaku
2.      Mengamati penampilan perilaku
3.      Membandingkan dan mendiskusikan penampilan dengan kriteria perilaku
4.      Menyimpulkan hal hal mengenai penampilan kepada perilaku
5.      Menyimpulkan posisi atau level penampilan disbanding dengan kriteria
6.      Guru harus menjawab / mengomentari pertanyaan atau pernyataan yang disampaikan siswa.

Hal Yang Perlu Ditekankan Kepada Pengamat :
1.      Pengamat harus berperilaku sesuai dengan kriteria perilaku pengamat
2.      Pastikan bahwa pengamat memberikan umpan balik sesuai dengan kriteria perilaku
Keuntungan atau kerugian.
Gaya ini memberikan keuntungan antara lain sbb:
a.   memberikan umpan balik seketika tanpa di tunda tunda yang mempunyai pengaruh nyata terhadap proses belajar siswa. Umpan balik ini berupa informasi tentang apa yang diperbuatnya baik yang benar atau yang keliru.
b.   dapat mengembangkan cara kerja dalam tim kecil. Sehingga aspek sosialnya berkembang.
c.   meningkatkan proses belajar mengajar dengan cara mengamati secara sistematik gerakan atau pokok bahasan dari teman. Pada dasarnya, mengamati kegiatan belajar teman itu merupakan suatu proses belajar mengajar juga.
Kelemahan itu dapat dikemukakan sbb:
a.       Sering menimbulkan situasi yang emosional antar apelaku dan pengamat yang disebabkan pengamat berlaku berkelebihan dalam menyampaikan informasi yang bersangkutan. Perilaku yang berkelebihan antara alain menyampaikan dengan nada mengejek, menghakimi, bergaya mengurui yang serba tahu.
b.      Pada umumnya pelaku tidak tahan terhadap kritik siswa pengamat sehubungan dengan hasil belajar yang pemah dilakukan sebelumnya. Siswa pelaku tidak mau terima hasil pengamatan temannya. Situasi ini sering menimbulkan ketegangan anatara siswa pelaku dan siswa pengamat.
c.       Sering juga terjadi pasangan ini justru memantapkan suatu perilaku belajar yang sama, disebabkan mereka salah menafsirkan deskripsi gerakan atau pokok bahasan yang tertera dalam lembaran kerja.

0 Response to "Hakikat Gaya Mengajar Resiprokal"

Post a Comment