Saturday, December 5, 2015
Pengertian Hotel
Pengertian Hotel Secara Umum
1. Pengertian Hotel
Pengertian hotel menurut Hotel Proprietors Act,1956,Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan,minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.Sedangkan pengertian Hotel yang dimuat oleh Gloriel Electronic Publishing Inc (1995) menyebutkan bahwa hotel adalah suatu Komersial yang menyediakan tempat menginap,makanan,dan pelayanan-pelayanan lain untuk umum.Selanjutnya dijelaskan oleh United State Lodging Industry bahwa yang utama hotel terbagi menjadi 4 jenis yaitu:
Transient Hotel adalah Hotel yang letak atau lokasinya di tengah kota dengan jenis tamu yang menginap sebagian besar adalah untuk urusan bisnis dan turist.
Residential Hotel adalah Hotel yang pada dasarnya merupakan rumah-rumah berbentuk apartemen dengan kamar-kamarnya dan disewakan secara bulanan atau tahunan.Residential Hotel juga menyediakan kemudahan-kemudahan seperti layaknya hotel,seperti restaurant,pelayanan makanan yang di antar kekamar,dan pelayanan pembersihan kamar.
Resort Hotel adalah hotel yang pada umumnya berlokasi ditempat-tempat wisata dan menyediakan tempat-tempat rekreasi dan juga ruang serta fasilitas konferensi untuk tamu-tamunya.
2. Fasilitas utama Hotel
Hotel adalah bagian integral dari usaha pariwisata yang disebut sebagai usaha akomodasi yang dikomersialkan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
1. Kamar tidur (kamar tamu)
2. Makanan dan minuman
Pelayanan-pelayanan penunjang lain seperti:
a. Tempat-tempat Rekreasi
b. Fasilitas Olahraga
c. Fasilitas Loundry,dll
3. Klasifikasi bisnis Hotel
Produk bisnis perhotelan mempunyai 4 karakteristik khusus,yaitu:produk nyata(tangible),tidak nyata(intangible),bersifat perishable dan bersifat non-perishable.Produk yang bersifat nyata antara lain,kamar,makanan,miniman,kolam renang dan sebagainya.produk yang bersifat tidak nyata,antara lain keramahtamahan,kenyamanan,keindahan,keamanan,dan sebagainya.
Tujuan berbisnis di industri perhotelan untuk mendapatkan pendapatan seoptimal mungkin melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan tamu(guest need and wants).Kepuasan tamu menjadi sasaran pelayanan untuk membentuk citra hotel yang baik sekaligus menjamin keberadaan hotel dalam janka panjang.
4. Tipe-tipe Hotel
Hotel dapat dikelompokkan kedalam beberapa tipe atau kategori,yaitu berdasarkan kelas,plan,ukuran,lokasi,area,maksud kunjungan tamu,lamanya tamu menginap,kriteria jenis tamu,aspek bentuk bangunan,dan wujud fisik.
A. Berdasarkan Kelas
Tingkatan atau kelas hotel dibedakan atas tanda bintang(*).semakin banyak jumlah bintang,maka persyaratan fasilitas dan pelayanan yang dituntut semakin banyak dan baik.Kriteria klasifikasi hotel berdasarkan bintang adalah sebagai berikut:
1. Hotel bintang satu(*)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 1 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 15 kamar.
• Kamar mandi didalam.
• Luas kamar standar,minimum 20 m².
2. Hotel bintang dua(**)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 2 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 20 kamar
• Kamar suite minimum 1 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar,minimum 22 m²
• Luas kamar suite,minimum 44 m²
3. Hotel bintang tiga(***)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 3 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 30 kamar
• Kamar suite minimum 2 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar,minimum 24 m²
• Luas kamar suite,minimum 48 m²
4. Hotel bintang empat(****)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang empat adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 50 kamar
• Kamar suite minimum 3 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar ,minimum 24 m²
• Luas kamar suite,minimum 24 m²
5. Hotel bintang lima(*****)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 5 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 100 kamar
• Kamar suite minimum 4 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar,minimum 26 m²
• Luas kamar suite,minimum 52 m²
B. Berdasarkan perencanaan harga kamarnya(plan)
Berdasarkan plan usage-nya,hotel dapat dikelompokkan beberapa tipe/kategori sebagai berikut:
1. American Plan
Sistem perencanaan harga kamar dimana harga yang dibayarkan sudah termasuk harga kamar itu sendiri ditambah dengan harga makan(meals).
American plan dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
• Full American Plan(FAP)
Harga kamar sudah termasuk 3 kali makan(pagi,siang dan malam)
• Modified American Plan(MAP)
Harga kamar sudah termasuk dengan 2 kali makan,dimana salah satu diantaranya harus makan pagi(breakfast),misalnya:
Kamar + makan pagi + makan siang
Kamar + makan pagi + makan malam
• Continental Plan/Bermuda Plan
Continental Plan adalah perencanaan harga kamar dimana harga kamar sudah termasuk dengan continental breakfast
• European Plan
Tamu yang menginap hanya membayar untuk kamar saja.keistimewaannya adalah sebagai berikut:
Praktis,cara ini banyak digunakan oleh hotel-hotel
Memudahkan system billing (Pembayaran saat check out)
C. Berdasarkan Ukuran
Klasifikasi hotel berdasarkan ukurannya dapat ditentukan berdasarkan jumlah kamar yang ada.ukuran hotel diklasifikasikan menjadi 3 bagian:
o Small Hotel
Small Hotel adalah hotel kecil dengan jumlah kamar dibawah 150 kamar.
o Medium Hotel
Adalah hotel dengan ukuran sedang,medium hotel ini dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:
Average hotel:jumlah kamar antara 150 sampai dengan 299 kamar
Above average hotel:jumlah kamar antara 300 sampai dengan 600 kamar
o Large Hotel
Large Hotel adalah hotel dengan klasifikasi sebagai hotel besar dengan jumlah kamar diatas 600 kamar.
D. Berdasarkan Lokasi
Klasifikasi hotel berdasarkan faktor lokasi dapat dibagi sebagai berikut:
1. City hotel
Hotel yang terletak didalam kota,sebagian besar tamu yang menginap memiliki kegiatan bisnis.
2. Resort hotel
Resort hotel adalah hotel yang terletak di kawasan wisata,dimana sebagian besar tamunya tidak melakukan kegiatan bisnis,tetapi lebih banyak rekreasi.macam-macam resort berdasarkan lokasi:
• Mountain hotel (Hotel yang berada dipegunungan)
• Beach hotel (Hotel yang berada didaerah pantai)
• Lake Toba(Hotel yang berada di pinggir danau)
• Hill Hotel(Hotel yang berada dipuncak bukit)
• Forest hotel (hotel yang berada dikawasan hutan lindung)
E. Berdasarkan Area
Berdasarkan areanya,hotel dapat dibagi sebagai berikut:
1. Suburb Hotel
Hotel yang berlokasi dipinggiran kota ,yang merupakan kota satelit,yaitu pertemuan antara 2 kota madya.
2. Airport Hotel
Adalah hotel yang berada dalam 1 kompleks bangunan atau area pelabuhan udara atau sekitar bandar udara.
3. Urban Hotel
Adalah hotel yang berlokasi dipedesaan dan jauh dari kota besar atau hotel yang terletak didaerah perkotaan yang baru,yang tadinya masih berupa desa.
F. Berdasarkan maksud kunjungan
Klasifikasi hotel berdasarkan maksud kunjungan selama menginap adalah sebagai berikut:
1. Business Hotel
Hotel yang tamunya sebagian besar berbisnis,business hotel biasanya menyediakan ruang-ruang meeting dan konvensi.
2. Resort/Tourism Hotel
Hotel yang kebanyakan tamunya adalah para wisatawan,baik domestik maupun manca negara.
3. Casino Hotel
Adalah hotel yang sebagian tempatnya berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan berjudi
4. Pilgrim Hotel
Hotel yang sebagian tempatnya berfungsi sebagai fasilitas beribadah.
5. Cure Hotel
Cure Hotel adalah hotel yang tamu-tamunya orang-orang yang sedang dalam proses pengobatan atau penyembuhan dari suatu penyakit.
G. Berdasarkan faktor lama tamu penginap
Berdasarkan faktor lamanya tamu menginap,hotel dapat dibagi seperti berikut:
1. Transit hotel
Tamu yang menginap dihotel ini biasanya dalam waktu yang singkat,rata-rata 1 malam
2. Semi residential hotel
Tamu yang menginap dihotel ini biasanya lebih dari 1 malam,tepapi jangka waktu menginap tetap singkat,berkisar antara 1 minggu sampai dengan 1 bulan.
3. Residential hotel
Tamu yang menginap dihotel ini cukup lama,paling sedikit 1 bulan.
Pengertian hotel menurut Hotel Proprietors Act,1956,Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan,minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.Sedangkan pengertian Hotel yang dimuat oleh Gloriel Electronic Publishing Inc (1995) menyebutkan bahwa hotel adalah suatu Komersial yang menyediakan tempat menginap,makanan,dan pelayanan-pelayanan lain untuk umum.Selanjutnya dijelaskan oleh United State Lodging Industry bahwa yang utama hotel terbagi menjadi 4 jenis yaitu:
Transient Hotel adalah Hotel yang letak atau lokasinya di tengah kota dengan jenis tamu yang menginap sebagian besar adalah untuk urusan bisnis dan turist.
Residential Hotel adalah Hotel yang pada dasarnya merupakan rumah-rumah berbentuk apartemen dengan kamar-kamarnya dan disewakan secara bulanan atau tahunan.Residential Hotel juga menyediakan kemudahan-kemudahan seperti layaknya hotel,seperti restaurant,pelayanan makanan yang di antar kekamar,dan pelayanan pembersihan kamar.
Resort Hotel adalah hotel yang pada umumnya berlokasi ditempat-tempat wisata dan menyediakan tempat-tempat rekreasi dan juga ruang serta fasilitas konferensi untuk tamu-tamunya.
2. Fasilitas utama Hotel
Hotel adalah bagian integral dari usaha pariwisata yang disebut sebagai usaha akomodasi yang dikomersialkan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:
1. Kamar tidur (kamar tamu)
2. Makanan dan minuman
Pelayanan-pelayanan penunjang lain seperti:
a. Tempat-tempat Rekreasi
b. Fasilitas Olahraga
c. Fasilitas Loundry,dll
3. Klasifikasi bisnis Hotel
Produk bisnis perhotelan mempunyai 4 karakteristik khusus,yaitu:produk nyata(tangible),tidak nyata(intangible),bersifat perishable dan bersifat non-perishable.Produk yang bersifat nyata antara lain,kamar,makanan,miniman,kolam renang dan sebagainya.produk yang bersifat tidak nyata,antara lain keramahtamahan,kenyamanan,keindahan,keamanan,dan sebagainya.
Tujuan berbisnis di industri perhotelan untuk mendapatkan pendapatan seoptimal mungkin melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan tamu(guest need and wants).Kepuasan tamu menjadi sasaran pelayanan untuk membentuk citra hotel yang baik sekaligus menjamin keberadaan hotel dalam janka panjang.
4. Tipe-tipe Hotel
Hotel dapat dikelompokkan kedalam beberapa tipe atau kategori,yaitu berdasarkan kelas,plan,ukuran,lokasi,area,maksud kunjungan tamu,lamanya tamu menginap,kriteria jenis tamu,aspek bentuk bangunan,dan wujud fisik.
A. Berdasarkan Kelas
Tingkatan atau kelas hotel dibedakan atas tanda bintang(*).semakin banyak jumlah bintang,maka persyaratan fasilitas dan pelayanan yang dituntut semakin banyak dan baik.Kriteria klasifikasi hotel berdasarkan bintang adalah sebagai berikut:
1. Hotel bintang satu(*)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 1 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 15 kamar.
• Kamar mandi didalam.
• Luas kamar standar,minimum 20 m².
2. Hotel bintang dua(**)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 2 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 20 kamar
• Kamar suite minimum 1 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar,minimum 22 m²
• Luas kamar suite,minimum 44 m²
3. Hotel bintang tiga(***)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 3 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 30 kamar
• Kamar suite minimum 2 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar,minimum 24 m²
• Luas kamar suite,minimum 48 m²
4. Hotel bintang empat(****)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang empat adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 50 kamar
• Kamar suite minimum 3 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar ,minimum 24 m²
• Luas kamar suite,minimum 24 m²
5. Hotel bintang lima(*****)
Kriteria untuk menentukan suatu hotel termasuk bintang 5 adalah sebagai berikut:
• Jumlah kamar standar,minimum 100 kamar
• Kamar suite minimum 4 kamar
• Kamar mandi didalam
• Luas kamar standar,minimum 26 m²
• Luas kamar suite,minimum 52 m²
B. Berdasarkan perencanaan harga kamarnya(plan)
Berdasarkan plan usage-nya,hotel dapat dikelompokkan beberapa tipe/kategori sebagai berikut:
1. American Plan
Sistem perencanaan harga kamar dimana harga yang dibayarkan sudah termasuk harga kamar itu sendiri ditambah dengan harga makan(meals).
American plan dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
• Full American Plan(FAP)
Harga kamar sudah termasuk 3 kali makan(pagi,siang dan malam)
• Modified American Plan(MAP)
Harga kamar sudah termasuk dengan 2 kali makan,dimana salah satu diantaranya harus makan pagi(breakfast),misalnya:
Kamar + makan pagi + makan siang
Kamar + makan pagi + makan malam
• Continental Plan/Bermuda Plan
Continental Plan adalah perencanaan harga kamar dimana harga kamar sudah termasuk dengan continental breakfast
• European Plan
Tamu yang menginap hanya membayar untuk kamar saja.keistimewaannya adalah sebagai berikut:
Praktis,cara ini banyak digunakan oleh hotel-hotel
Memudahkan system billing (Pembayaran saat check out)
C. Berdasarkan Ukuran
Klasifikasi hotel berdasarkan ukurannya dapat ditentukan berdasarkan jumlah kamar yang ada.ukuran hotel diklasifikasikan menjadi 3 bagian:
o Small Hotel
Small Hotel adalah hotel kecil dengan jumlah kamar dibawah 150 kamar.
o Medium Hotel
Adalah hotel dengan ukuran sedang,medium hotel ini dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu:
Average hotel:jumlah kamar antara 150 sampai dengan 299 kamar
Above average hotel:jumlah kamar antara 300 sampai dengan 600 kamar
o Large Hotel
Large Hotel adalah hotel dengan klasifikasi sebagai hotel besar dengan jumlah kamar diatas 600 kamar.
D. Berdasarkan Lokasi
Klasifikasi hotel berdasarkan faktor lokasi dapat dibagi sebagai berikut:
1. City hotel
Hotel yang terletak didalam kota,sebagian besar tamu yang menginap memiliki kegiatan bisnis.
2. Resort hotel
Resort hotel adalah hotel yang terletak di kawasan wisata,dimana sebagian besar tamunya tidak melakukan kegiatan bisnis,tetapi lebih banyak rekreasi.macam-macam resort berdasarkan lokasi:
• Mountain hotel (Hotel yang berada dipegunungan)
• Beach hotel (Hotel yang berada didaerah pantai)
• Lake Toba(Hotel yang berada di pinggir danau)
• Hill Hotel(Hotel yang berada dipuncak bukit)
• Forest hotel (hotel yang berada dikawasan hutan lindung)
E. Berdasarkan Area
Berdasarkan areanya,hotel dapat dibagi sebagai berikut:
1. Suburb Hotel
Hotel yang berlokasi dipinggiran kota ,yang merupakan kota satelit,yaitu pertemuan antara 2 kota madya.
2. Airport Hotel
Adalah hotel yang berada dalam 1 kompleks bangunan atau area pelabuhan udara atau sekitar bandar udara.
3. Urban Hotel
Adalah hotel yang berlokasi dipedesaan dan jauh dari kota besar atau hotel yang terletak didaerah perkotaan yang baru,yang tadinya masih berupa desa.
F. Berdasarkan maksud kunjungan
Klasifikasi hotel berdasarkan maksud kunjungan selama menginap adalah sebagai berikut:
1. Business Hotel
Hotel yang tamunya sebagian besar berbisnis,business hotel biasanya menyediakan ruang-ruang meeting dan konvensi.
2. Resort/Tourism Hotel
Hotel yang kebanyakan tamunya adalah para wisatawan,baik domestik maupun manca negara.
3. Casino Hotel
Adalah hotel yang sebagian tempatnya berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan berjudi
4. Pilgrim Hotel
Hotel yang sebagian tempatnya berfungsi sebagai fasilitas beribadah.
5. Cure Hotel
Cure Hotel adalah hotel yang tamu-tamunya orang-orang yang sedang dalam proses pengobatan atau penyembuhan dari suatu penyakit.
G. Berdasarkan faktor lama tamu penginap
Berdasarkan faktor lamanya tamu menginap,hotel dapat dibagi seperti berikut:
1. Transit hotel
Tamu yang menginap dihotel ini biasanya dalam waktu yang singkat,rata-rata 1 malam
2. Semi residential hotel
Tamu yang menginap dihotel ini biasanya lebih dari 1 malam,tepapi jangka waktu menginap tetap singkat,berkisar antara 1 minggu sampai dengan 1 bulan.
3. Residential hotel
Tamu yang menginap dihotel ini cukup lama,paling sedikit 1 bulan.
0 Response to "Pengertian Hotel Secara Umum"
Post a Comment