Tujuan Mata Kuliah Perekonomian Indonesia


            Tujuan Mata Kuliah Perekonomian Indonesia adalah untuk memperkenalkan mahasiswa pada pengetahuan tentang tahap-tahap dan permasalahan-permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia. Pembahasan dimulai dengan beberapa proses yang menyertaai pembangunan ekonomi: proses akumulasi, alokasi, demografi dan distribusi. Kemudian dilanjutkan dengan strategi,peran serta kebijakan-kebijakan dalam dan luar negeri pemerintah.

            Dari rumusan tujuan tersebut di atas, setiap mahasiswa setelah mempelajari Mata Kuliah Perekonomian Indonesia diharapkan dapat memahami dan menjelaskann :
1.      Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi ekonomi Indonesia dan masalah-masalah ekonomi yang dihpadai sepanjang sejarah kemerdekaan Indonesia.
2.      Sistem ekonomi yang dianut Indonesia dan membandingkan sistem-sistem ekonomi yang dianut dunia.
3.      Pelaku-pelaku ekonomi di Indonesia dan peran masing-masing dalam perekonomian
4.      Perubahan-perubahan struktural yan dialami ekonomi Indonesia setelah Indonesia melaksanakan pembangunan ekonomi.
5.      Kebijakan pemerintah pada APBN yang berjalan dan pengaruh APBN pada Perekonomian Indonesia.
6.      Posisi hubungan ekonomi luar negeri dan saldo transaksi berjalan serta perubahan cadangan devisa.
7.      Faktor-faktor yang mempengaruhi laju inflasi, jumlah uang beredar (JUB) serta kebijakan pemerintah di bidang moneter dan perbankan.
8.      Kondisi kesejahteraan dan kemiskinan rakyat Indonesia serta kebijakan pemerintah untuk memberdayakan masyarakat.
9.      Posisi dan persiapan Indonesia dalam menghadapi era globalisasi ekonomi serta langkah strategis apa yang dilakukan.
10.  Apa yang terjadi setelah Indonesia dilanda krisis ekonomi tahun 1997/ 1998 dan program pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah.

0 Response to "Tujuan Mata Kuliah Perekonomian Indonesia "

Post a Comment