CEFTRIAXONE Vial/Injeksi/Suntik (Ceftriaxone/Seftriakson)

Nama Obat Generik : Ceftriaxone / Seftriakson
Nama Obat Bermerek : Betrix, Biotriax, Bioxon, Broadced, Brospec, Cefaxon, Cefriex, cefsix, Ceftrox, Cefxon, Cephaflox, Criax, Ecotrixon, Elpicef, Erocef, Foricef, Gracef, Intricef, Intrix, Renxon, Rocephin, Socef, Starxon, Terfacef, Termicef, Tricefin, Trijec, Trixon, Tyason, Zeftrix

KOMPOSISI
Tiap vial Ceftriaxone mengandung ceftriaxone sodium setara dengan ceftriaxone 1 gram.

FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT)
Ceftriaxone merupakan golongan sefalosporin. Ceftriaxone mempunyai spektrum luas dan  waktu paruh eliminasi 8 jam. Ceftriaxone efektif terhadap mikroorganisme gram positif dan gram negatif. Ceftriaxone juga sangat stabil terhadap enzim beta laktamase yang dihasilkan oleh bakteri.

CEFTRIAXONE


INDIKASI
Indikasi Ceftriaxone adalah  infeksi-infeksi berat dan yang disebabkan oleh bakteri gram positif maupun gram negatif yang resisten atau kebal terhadap antibiotika lain :
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi gonore
  • Sepsis
  • Meningitis
  • Infeksi tulang dan jaringan lunak
  • Infeksi kulit

KONTRAINDIKASI
Hipersensitif terhadap Ceftriaxone atau  sefalosporin lainnya.

CARA PENGGUNAAN
Injeksi intravena dan intramuskuler.

EFEK SAMPING
Gangguan pencernaan : diare, mual, muntah, stomatitis, glositis. Reaksi kulit : dermatitis, pruritus, urtikaria, edema, eritema multiforma, dan reaksi anafilaktik. Hematologi : eosinofil, anemia hemolitik, trombositosis, leukopenia, granulositopenia. Gangguan sistem syaraf pusat : sakit kepala. Efek samping lokal : iritasi akibat dari peradangan dan nyeri pada tempat yang diinjeksi. Gangguan fungsi ginjal : untuk sementara terjadi peningkatan BUN. Gangguan fungsi hati : untuk sementara terjadi peningkatan SGOT atau SGPT.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
Pada penyakit ginjal dan gangguan hepar, konsentrasi seftriakson dalam plasma harus tetap dimonitor. Seftriakson tidak diperbolehkan untuk wanita hamil. Pada penggunaan jangka lama profil darah harus diperiksa secara teratur.

KEMASAN
Ceftriaxone, Kota, 2 Vial @ 1 g.

KETERANGAN
Simpan pada suhu dibawah 25ÂșC, terlindung dari cahaya.
Diproduksi oleh : Indofarma

0 Response to "CEFTRIAXONE Vial/Injeksi/Suntik (Ceftriaxone/Seftriakson) "

Post a Comment