OMZ Kapsul (Omeprazole)


Obat Generik : Omeprazole

Obat Bermerek : Contral, Dudencer, Inhipump, Lokev, Loklor, Losec, Meisec, Norsec, Omevell, OMZ, Onic, Opm, Oprezol, Ozid, Prilos, Prohibit, Promezol, Protop, Pumpitor, Redusec, Regasec, Rocer, Socid, Stomacer, Ulzol, Zepral, Zollocid. 



KOMPOSISI / KANDUNGAN 

OMZ 20 mg 

Tiap kapsul mengandung Omeprazole 20 mg. 

FARMAKOLOGI (CARA KERJA OBAT) 

Omeprazole secara reversible mengurangi sekresi asam lambung dengan menghambat secara spesifik enzim lambung pompa proton H/K-ATPase (penghambat pompa proton) dalam sel parietal. 

INDIKASI / KEGUNAAN 

Indikasi OMZ adalah untuk pengobatan jangka pendek tukak lambung, tukak duodenum, refluks esofagitis ulseratif/erosive, sindroma zollinger-ellison. 

KONTRAINDIKASI 

OMZ jangan diberikan kepada penderita yang hipersensitif terhadap obat ini dan bahan lain yang terdapat dalam formulasi. 

DOSIS DAN ATURAN PAKAI 

Tanyakan kepada dokter anda mengenai dosis dan aturan pakai OMZ. 

Dosis yang umum diberikan adalah 20 mg, 1 kali sehari selama 2 – 4 minggu. 



EFEK SAMPING 

OMZ umumnya ditoleransi dengan baik. Efek samping yang dapat terjadi : 
Sakit kepala, 
Diare, 
Nyeri perut, 
Mual, 
Muntah, 
Vertigo, 
Ruam, 
Konstipasi, 
Batuk, 
Astenia, 
Nyeri tulang belakang, 
Dan lain-lain. 

Kebanyakan efek samping bersifat ringan dan sementara dan tidak ada hubungan konsisten dengan pengobatan. 

PERINGATAN DAN PERHATIAN 
Sebelum dimulai pengobatan omeprazole pada penderita ulkus lambung, kemungkinan adanya keganasan harus disingkirkan terlebih dahulu, karena omeprazole dapat menutupi gejala dan menunda penegakan diagnosis. 
Omeprazole menghambat metabolisme beberapa obat yang dimetabolisme melalui system enzim sitokrom p-450 hati dan dapat meningkatkan konsentrasi plasma diazepam, fenitoin, dan warfarin. 
Penggunaan pada wanita hamil : tidak ada studi terkontrol atau adekuat pada wanita hamil. Omeprazole hanya boleh diberikan pada wanita hamil bila penggunaannya dipandang esensial. 
Penggunaan pada wanita menyusui : walaupun omeprazole diekskresi dengan konsentrasi rendah dalam air susu tikus betina menyusui, tidak diketahui apakah omeprazole terdapat dalam air susu manusia. Oleh karena itu penggunaan omeprazole selama menyusui tidak direkomendasikan. 

INTERAKSI OBAT 
Diazepam 
Fenitoin 
Warfarin 
Ketokonazol 

KEMASAN 

OMZ kapsul 20 mg.

0 Response to "OMZ Kapsul (Omeprazole)"

Post a Comment