Pengertian Sistem Adalah

Sistem adalah suatu kesatuan yang utuh dan terpadu dari berbagai elemen yang berhubungan serta saling mempengaruhi yang dengan sadar dipersiapkan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Pelayanan kesehatan tidak lagi dipandang sebagai suatu upaya tersendiri, melainkan sebagai satu kesatuan yang terpadu baik antara sesama pelayanan kesehatan dengan faktor-faktor yang terkait di luar bidang kesehatan. Cara berpikir seperti itu dalam administrasi dikenal dengan penerapan konsep sistem, yang untuk bidang kesehatan dikenal dengan nama sistem kesehatan. 

Menurut WHO (1984), sistem kesehatan adalah gabungan suatu kumpulan atau kesatuan dari berbagai faktor atau elemen dan atau bagian yang ada hubungannya dengan kesehatan yang komplek dan saling berhubungan yang terdapat dalam suatu negara, di mana kesemuanya berfungsi dan bergerak dalam suatu derap yang sama dalam upaya untuk mencapai suatu tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan dan tuntutan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok, dan ataupun masyarakat pada setiap saat yang dibutuhkan. 

Dibentuknya suatu sistem pada dasamya untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tertentu diperlukan berbagai fungsi dan perangkat admninistrasi sehingga bila fungsi dan perangkat ini berhasil disusun secara keseluruhan akan terbentuk slstem tertentu. Cara melakukan pekerjaan administrasi ini dikenal sebagai pendekatan sistem. 

Menurut James Harvey, pendekatan sistem adalah penerapan suatu prosedur yang logis dan rasional dalam merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan sehingga dapat berfungsi sebagai satu kesatuan untuk mencapai satu tujuan yang ditetapkan. 

Sistem terbentuk dan unsur atau elemen yang saling berhubungan dan mempengaruhi. Adapun 6 unsur sistem yang dapat disebutkan yaitu: 

1. Masukan (input) 

Masukan adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan yang diperlukan untuk dapat berfungsinya sistem tersebut. 

2. Proses (Process) 

Proses adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan yang berfungsi untuk mengubah masukan menjadi keluaran yang direncanakan. 

3. Keluaran (Output) 

Keluaran adalah kumpulan bagian atau elemen yang dihasilkan dari berlangsungnya proses dalam sistem. 

4. Umpan balik (Feedback) 

Umpan balik adalah kumpulan bagian atau elemen yang merupakan keluaran dari sistem atau sekaligus sebagai masukan dari sistem tersebut. 

5. Dampak (Impact) 

Dampak adalah akibat yang dihasilkan oleh keluaran suatu sistem. 

6. Lingkungan (Environment) 

Lingkungan adalah dunia luar sistem yang tidak dikelola oleh sistem, tetapi mempunyai pengaruh besar terhadap sistem.

0 Response to "Pengertian Sistem Adalah "

Post a Comment