Penerimaan Mahasiswa Baru Kota Medan

Pada bulan Juli dan Agustus ini maka kembali setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia khususnya di kota medan sumatra utara akan melakukan penerimaan mahasiswa baru, kita tahu bahwa animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya keperguruan tinggi terus meningkat mengingat persaingan saat ini semakin ketat jadi jika tidak di dukung oleh ijazah dan skill maka sulit rasanya memenangkan pertarungan maka itulah alasan bagi orang tua untuk terus mengupayakan agar anak- anaknya bisa masuk keperguruan tinggi baik negeri maupun swasta.


Tentu orang tua pertama sekali masih mengharapkan anaknya untuk mencoba ikut test ke perguruan tinggi negeri disamping biaya yang masih lebih murah dan masih ada asumsi bahwa tamatan negeri itu masih di utamakan di perusahaan atau di instansi yang lebih berkelas, jadi orang tua itu selalu menganjurkan anaknya untuk mencoba ikut dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri dan berharap bisa diterimah, itulah pertama sekali harapan orang tua baik yang mampu dan terlebih orang tua yang memiliki keterbatasan uang dalam menyekolahkan anaknya.
kota medan


Namun ketika jalur penerimaan untuk perguruan negeri sudah selesai dan sudah di umumkan yang siapa yagn menang maka yang kalah tentu akan memilih masuk ke perguruan swasta atau menunggu dulu untuk mencoba tahun depan atau ada yang mencoba bekerja bila memang ada kemauan bekerja setelah tamat dari tingkat SMA dan sebagian ada yang menunggun penerimaan kepolisian ,TNi dan Seleksi PNS bidang yang lain.


Jika saja perguruan negeri mampu menampung semua calon masiswa baru maka sudah tentu tak ada lagi perguruan swasta namun karena negeri punya kapasitas dalam menampung masiswa baru maka inilah peluang dari perguruan swasta untuk menarik minat para calon masaswa untuk memasuki perguruan tinggi yang mereka punya, mulai dari memberikan berbagai jenis penarawaran menarik seperti beaswa dan juga kelebihan - kelebihan kampus yang mereka punya itulah salah satu cara yang mereka pakai dalam menggaet para calon masiswa baru.


Menurut pandangan saya kalau kuliah itu di negeri atau swasta itu sama saja tergantung pada diri kita masing -masing, coba kita lihat saat ini untuk menjadikan kita pintar ,cerdas dan berkarakter bukanlah serta merta itu kita dapatkan di lingkungan kampus karena kita lihat saja berapa banyak sih pengetahuan yang kita gali dari kampus, misalnya kita yang mengambil mata kuliah komputer, tentu pasti sedikit apalagi tentang praktek di kampus itu pasti sedikit, jadi dari mana kita dapatkan pengetahuan yang lebih tentang dunia komputer? tentu kita dapatkan ketika kita mau menyediakan waktu kita untuk belajar di luar, malau dari belajar otodidak dan juga dengan cara berkerja di servis komputer dan begitu juga dengan bidang yang lain. jadi menurut saya bukan soal kampus dimana kita kuliah tapi bagaimana cara kita untuk membuat diri kita agar pintar.


Seperti yang saya alami pribadi kebutlan saat ini saya bekerja sambil kuliah di salah satu perguruan tinggi di medan namanya " SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI " PEMBANGUNAN" MEDAN. Saya mengambil mata kuliah PUBLIC RELATIONS, Karena disana itu cuman ada dua jurusan yaitu public relations dan juga jurnalistik, jadi saya menyadari bahwa apa yang saya dapatkan di kampus itu tak seberapa kalau dibandingkan dengan apa yang saya lakukan di luar sana, kita tahu bahwa ilmu komunikasi itu tentu tak jauh jauh dari yang namanya berkomunikasi, jadi saya itu selalu berkomunikasi setiap saat jadi prakteknya itu hampir 100 % sangat jauh beda dengan bidang yang lain. 


Jadi satu pesan dari saya bahwa dimanapun kita menimba ilmu bahwa yang terpenting itu bukanlah soal kampusnya tapi yang terpenting adalah babagaimana penyadaran diri kita agar kita mau belajar dengan sungguh dari berbagai media yang mendukung kita sesuai dengan bidang yang kita ambil. salam sukses dan semoga kita semua jadi mahasiswa yang berkarakter.