Contoh Cara Membuat Variabel Penelitian


    Variabel Penelitian
      Variabel penelitian ini dikemukakan dalam rangka membantu menjelaskan pokok subyek dan batasan pengertian untuk variabel – variabel tersebut.
      Variabel ( atribut ) yang digunakan  :
1.  Variabel Independen ( X )
      Kualitas pelayanan ( X ) yaitu keseluruhan sifat dari suatu produk yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan para konsumen.
      Variabel independen dalam penelitian ini meliputi  :
1.  Harga.
2.  Rasa atau Aroma.
3.  Kemasan.
4.  Pelayanan.
5.  Ukuran
2.  Variabel Dependen  ( Y )
      Variabel dependen adalah variabel terikat yang dipengaruhi karena adanya variabel bebas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perilaku membeli konsumen dalam membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi.

    Definisi Operasional Variabel
      Untuk menyatakan pengertian tentang variabel yang diukur. Maka dalam penelitian ini adalah keputusan konsumen dalam membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi, yaitu  :
a.  Harga
      Harga adalah suatu nilai yang dinyatakan dalam rupiah atau sejumlah pengorbanan berupa uang yang dapat diartikan sebagai harga beli yang berlaku bagi konsumen.
b.  Rasa atau aroma
      Rasa atau aroma adalah suatu nilai yang terkandung dalam produk yang langsung dapat dinikmati oleh konsumen dan memberikan diri tersendiri dari suatu produk.
c.   Kemasan
      Kemasan adalah merupakan wadah atau tempat yang dijadikan pembungkus dari suatu produk.

d.   Pelayanan
      Pelayanan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
e.   Ukuran
      Ukuran produk adalah  suatu varian bentuk dengan berbagai macam ukuran  yang dapat  menyesuaikan antara kebutuhannya dengan ukuran produk yang ada.
f.    Perilaku membeli
      Perilaku membeli adalah merupakan suatu tindakan yang terbentuk dari  proses kegiatan pembelian yang tampak hanyalah satu tahap dari keseluruhan proses pembelian konsumen.

0 Response to "Contoh Cara Membuat Variabel Penelitian"

Post a Comment