Contoh Pembuatan Data dan Teknik Pengumpulan Data


3.1     Data dan Tehnik Pengumpulan Data
3.4.1   Jenis Data
1.  Data primer
      Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari obyek yang diteliti dengan cara riset atau peneliti lapangan.
2.  Data sekunder
      Data sekunder adalah data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dengan metode studi kepustakaan yaitu data – data yang diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan pokok permasalahan penelitian ini.

3.2     Tehnik Pengumpulan Data
      Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.  Data primer adalah data yang didapat langsung dari sumber pertama. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara  :
1.      Metode interview
      Metode interview adalah metode pengumpulan data dengan tanya jawab secara langsung dengan responden untuk memperoleh data yang lebih akurat sehubungan dengan masalah yang akan dibahas.
2.      Metode kuesioner
      Metode kuesioner adalah merupakan suatu metode untuk memperoleh data yang dilakukan dengan cara memberikan suatu daftar pertanyaan yang akan diisi oleh responden yang terdiri dari pertanyaan tentang atribut Kebab Turki Baba Rafi untuk mengetahui sejauh mana atribut tersebut mempengaruhi perilaku membeli.
      Dalam kuesioner ini terdapat dua bagian, yaitu  :
·         Bagian  I  :  Mengenai   data  responden  yaitu  nama,  jenis kelamin, dan penghasilan.
·          Bagian  II :Mengenai daftar pertanyaan yang akan di isi oleh responden.
3.3     Instrumen Atau Alat Pengumpul Data
3.6.1   Instrumen Penelitian
      Berbentuk kuesioner yaitu pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan kepada responden untuk selanjutnya dijawab. Data yang diperoleh berupa jawaban – jawaban yang diajukan dan tersusun dalam bentuk angket.

3.6.2  Skala Likert
      Merupakan skala yang dirancang untuk memungkinkan responden menjawab baerbagai tingkatan pada setiap butir yang menggunakan produk atau jasa. Dalam kuesioner ini digunakan skala likert yang terdiri dari  sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Skala Likert adalah skala yang dirancang untuk memungkinkan responden menjawab berbagai tingkatan pada setiap objek yang akan diukur. Jawaban dari kuesioner tersebut diberi bobot skor atau nilai sebagai berikut  :
SS           =   Sangat Setuju                     =  4
S             =   Setuju                                 =  3
TS           =   Tidak Setuju                      =  2
STS     =   Sangat Tidak Setuju          = 

0 Response to "Contoh Pembuatan Data dan Teknik Pengumpulan Data"

Post a Comment