Pengertian dan Jenis Logical Topology


1.      Logical Topology
Logical Topology adalah gambaran secara maya bagaimana sebuah host dapat berkomunikasi melalui medium. Bentuk umum yang biasa digunakan adalah Broadcast dan Token Passing.
a.       Broadcast Topology
(Tanenbaum, p15, 2000) Jaringan broadcast mempunyai saluran komunikasi tunggal yang digunakan oleh semua masin yang ada pada jaringan. Pada topologi ini, setiap host yang mengirim paket data akan mengirimkan paket tersebut ke semua host (broadcast) padamedia komunikasi jaringan.
b. Token Passing Topology
(Tanenbaum, p67, 2000) Token passing adalah proses saat beberapa komputer melakukan transmisi paket pendek yang disebut token secara bergantian. Pada topologi ini, setiap host mempunyai kemampuan mengendalikan akses jaringan dengan mem-pass-kan token elektonik yang secara sekuensial akan melalui masing-masing host dari jaringan tersebut. Ketika sebuah host mendapatkan token tersebut, berarti host tersebut diperbolehkan untuk mengirimkan data pada jaringan. Jika host tersebut tidak memiliki data yang akan dikirim, maka token akan dilewatkan ke host berikutnya. Kejadian tersebut akan terus menerus dilakukan.

Pada jaringan komputer, juga terdapat Protokol. Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

0 Response to "Pengertian dan Jenis Logical Topology "

Post a Comment