Profil Pemberitaan Pilgub Jatim Di Jawa Pos

Bukti perhatian besar Jawa Pos pada event Pilgub Jatim tergambar jelas pada pemberitaan harian ini. Harian Jawa Pos memberikan ruang khusus mulai ½ halaman samapai dengan 4 halaman untuk memberitakan perkembangan pemilihan gubernur Jawa Timur. Bahkan koran terbesar di Jawa Timur ini memiliki rubrik khusus yang diberi nama “Mengejar Jatim 1”. Secara rutin rubrik ini muncul di halaman 9. Tidak hanya itu, dalam kasus tertentu, event Pilgub juga menghiasi headline Jawa Pos di halaman 1. 

Dari hasil wawancara penulis dengan awak medianya, Jawa Pos mengklaim sebagai koran pertama yang sejak jauh – jauh hari menyediakan rubrik khusus Pilgub Jatim. Sebagai koran yang berkantor pusar di Jawa Timur, Jawa Pos sudah sejak Bulan Sejak Januari 2008 menyediakan sedikitnya setengah halaman untuk merekam dinamika menjelang Pilgub. Kemudian mulai tanggal 1 Juni,  rubrik itu bermetamorfosis dengan menjadikan rubrik ini lebih lebar yakni satu halaman. 

Tidak cukup itu, mulai 1 Juli market leader koran di Jawa Timur ini menyiapkan 4 (empat) halaman untuk rubrik yang mereka sebut dengan Panggung Kandidat. Melalui rubrik ini, Jawa Pos berharap dapat menjadi media agar masyarakat mengenal lebih dekat dengan para calon gubernur dan calon wakil gubernur. Dengan banyak memblow – up kandidat para kandidat, diharapkan pembaca dapat memahami dengan lebih dekat para kandidat mulai dari program kerjanya, keluarga para calon, track record karir dan pengalaman kerjanya, termasuk memahami sisi pribadi yang selama ini belum banyak diketahui publik. 

Dalam termonologi Jawa Pos, upaya ini diharapkan dapat mendekatkan sekaligus mencerdaskan pemilih sehingga tidak memilih kucing dalam karung. Rubrik ini juga menjadi “ciri khas” rubrik Pilgub Jatim di Jawa Pos yang membedakan koran ini dengan koran – koran yang lain. Sementara untuk memuat aktivitas seorang kandidat yang menonjol pada hari tertentu, koran ini menurunkan rubrik “Jurus Kandidat” yang menampilkan aktivitas kandidat secara bergiliran. 

Sebagian besar berita Pilgub di Jawa Pos ditampilkan dalam halaman berwarna dengan logo khas berupa kotak suara dengan tulisan hitung mundur hari pencoblosan suara. Karakter penulisan Jawa Pos secara umum yang banyak menampilkan foto, gambar, dan grafis juga terlihat pada berita – berita Pilgub Jatim. Banyak berita Pilgub Jawa Pos disertai dengan foto, grafis, atau gambar. Bahkan dalam beberapa kasus tertentu, misalnya pada saat pemberitaan penyampian visi dan misi, Jawa Pos menampilkan parade foto.

0 Response to "Profil Pemberitaan Pilgub Jatim Di Jawa Pos"

Post a Comment