Apa Itu Diferensiasi Sosial


 Diferensiasi sosial merupakan pemilahan atau konfigurasi struktur sosial berdasarkan parameter-parameter yang sifatnya nominal atau tidak berjenjang. Hasilnya dalam masyarakat terdapat kelompok-kelompok atau golongan sosial.  

1. Diferensiasi sosial berdasarkan ras.
Ras merupakan penggolongan manusia berdasarkan ciri-ciri fisik-biologis manusia dengan kecenderungan yang besar. Ciri fisik : Fenotipe (tampak luar): 1)     Kualitatif: warna kulit, warna dan bentuk rambut, warna dan bentuk mata 2)     Kuantitatif: tinggi dan berat badan, ukuran kepala, ukuran hidung, dll. Genotype (tidak tampak luar): golongan darah Manusia dari seluruh dunia dapat diklasifikasikan ke dalam tiga ras utama, yaitu kaukasoid, mongoloid, dan negroid. Dalam prakteknya terdapat kesulitan penggolongan ras, antara lain karena: (1) ciri fisik yang tumpang tindih, dan (2) terjadinya perkawinan campuran (amalgamasi).  

2. Diferensiasi sosial berdasarkan sukubangsa/etnis
Sukubangsa adalah golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan kesatuan kebudayaan, yang sering dikuatkan dengan kesatuan bahasa. Sukubangsa sering disamakan dengan kelompok etnik (ethnic Group). Namun, kelompok etnik tidak selalu berarti sukubangsa. Misalnya kelompok etnik Tionghoa. Disebut kelompok etnik apabila secara sosial telah mengembangkan SUBKULTUR-nya sendiri. Lima cirri pengelompokan sukubangsa:
·         Bahasa/dialek yang memelihara keakraban dan kebersamaan di antara warga sukubangsa 
·         Pola-pola sosial-kebudayaan (adat istiadat, cita-cita dan ideologi) 
·         Ikatan sebagai satu kelompok 
·         Kecenderungan menggolongkan diri ke dalam kelompok asli 
·         Perasaan keterikatan kelompok karena kekerabatan/genealogis dan kesadaran teritorial di antara warga sukubangsa 
Untuk kepentingan administrasi dan politik, di masa orde baru dibedakan antara (1) masyarakat sukubangsa, (2) masyarakat terasing, dan (3) keturunan asing. Masyarakat sukubangsa adalah kelompok etnis yang asalnya dari dalam wilayah Indonesia, dan mampu berinteraksi dan komunikasi dengan dunia luarnya, masyarakat terasing adalah kelompok etnis yang asalnya dari dalam wilayah Indonesia, tetapi terisolasi atau mengalami keterbatasan hubungan dengan dunia luarnya, sedangkan keturunan asing memiliki daerah asal di luar wilayah Indonesia. Ada tiga keturunan asing yang menonjol, yaitu China, India dan Arab,

0 Response to "Apa Itu Diferensiasi Sosial"

Post a Comment