PENGUKURAN DAN RENCANA EVALUASI KINERJA

A.    Pengukuran Kinerja
Pengukuran kinerja digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Dinas Kependudukan dan KB Kabupaten Gunungkidul.
Pengukuran ini merupakan hasil dari penilaian yang sistimatik dan didasarkan pada kelompok indicator kinerja kegiatan yang bempa indikator-indikator  masukan, proses, keluaran, hasil, manfaat, dan dampak.

B.     Evaiuasi Kinerja
Evaluasi Kinerja adalah kegiatan untuk menilai terhadap pencapaian setiap indicator kinerja kegiatan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang hal-hal yang mendukung keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan suatu kegiatan. Hal ini dilakukan agar diketahui pencapaian realisasi, kemajuan, dan kendala yang dijumpai dalam rangka pencapaian misi, agar dapat dinilai dan dipelajari guna perbaikan pelaksanaan program/kegiatan di masa yang akan datang.
1.      Evaluasi Kinerja I (Kegiatan)
Evaluasi Kinerja Kegiatan dilakukan dengan melihat kesesuaian antara kegiatan dengan program dengan menggunakan indicator kinerja, pembobotan kegiatan, capaian kelompok indicator kinerja sehingga dapat diperoleh nilai capaian kegiatan. Indikator kinerja yang digunakan dalam adalah:
a.       Indikator masukan/input
b.      Indikator proses
c.       Indikator keluaran/output
d.      Indikator hasil/outcome
e.       Indikator ManfaaVbenefit
f.       Indikator dampak/impacts.
C. Hasil Evaluasi

Berdasarkan hasil-hasil perhitungan formulir di atas maka dilakukan evaluasi terhadap pencapaian setiap indikator kinerja kegiatan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang hal-hal yang mendukung keberhasilan atau kegagalan program yang telah direncanakan.

Rencana Stratejik dan Rencana Kerja Dinas Kependudukan dan KB Kabupaten Gunungkidul sebagai penjabaran visi, misi, dan nilai serta faktor kunc, keberhasilan ini dibuat dan disusun sebagai panduan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sesuai yang telah digariskan dalam tahun 2004 dan 2005 sebagai Dinas yang baru.

Dukungan, saran, dan kerjasama dari semua pihak yang terkait sangat diharapkan untuk mendukung keberhasilan sesuai yang direncanakan.

0 Response to "PENGUKURAN DAN RENCANA EVALUASI KINERJA"

Post a Comment