STOIKIOMETRI DAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA


STOIKIOMETRI.
 Penelitian yang cermat terhadap pereaksi dan hasil reaksi melahirkan hukum-hukum dasar kimia yang menunjukkan hubungan kuantitatif unsur dalam suatu senyawa atau reaksi. Hukum tersebut adalah hukum kekekalan massa, hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan berganda, dan hukum perbandingan volume. Hukum-hukum tersebut dijadikan titik tolak oleh Dalton untuk melahirkan teori kimia pertama yang disebut teori atom Dalton, yang isinya (1) Materi terdiri atas partikel terkecil yang disebut atom. Atom tidak dapat dibagi, dan tidak dapat dicipta atau dimusnahkan. (2) Atom suatu unsur mempunyai sifat yang sama dalam segala hal (ukuran, bentuk, dan massa) akan tetapi berbeda sifat-sifatnya dari atom unsur lain. (3) Reaksi kimia adalah penggabungan, pemisahan, atau penyusunan kembali atom-atom. (4) Atom suatu unsur dapat bergabung dengan atom unsur lain membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Kemudian penyelidikan ditujukan terhadap reaksi gas.
           
Hasil penelitian ini menghasilkan dua hukum kimia yang penting mengenai gas, yaitu hukum penyatuan volume dan hukum Avogardo yang menjadi dasar konsep massa atom dan molekul relatif serta capa penentuan keduanya. Kedua konrep ini dijadikan dasar dalam mene.tukan rumus senyawa dan mol zat. Rumus senyawa digunakan dalam manuliskan reaksi, sedangkan konsep mol berguna dalam perhitungan kimia.

A.       HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

   Ilmu kimia merupakan bagian ilmu pengetahuan alam yang mempelajari materi yang meliputi susunan, sifat, dan parubahan materi serta energi yang menyertai perubahan materi. Penelitian yang cermat terhadap pereaksi dan hasil reaksi telah melahirkan hukum-hukum dasar kimia yang menunjukkan hubungan kuantitatif atau yang disebut stoikiometri. Stoikiometri berasal dari bahasa Yunani, yaitu stoicheon yang berarti unsur dan metrain yang berarti mengukur. Dengan kata lain, stoikiometri adalah perhitungan kimia yang menyangkut hubungan kuantitatif zat yang terlibat dalam reaksi. Hukum-hukum kimia dasar tersebut adalah hukum kekekalan massa, hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan volume, dan hukum perbandingan berganda. Hukum-hukum dasar kimia itu merupakan pijakan kita dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu kimia selanjutnya.

0 Response to "STOIKIOMETRI DAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA"

Post a Comment