PENYAKIT KANKER


1.1 Kanker 

Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan terus membelah diri. Selanjutnya menyusup ke daerah sekitar (isasive) dan terus menerus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta saraf tulang belakang. 

1.1.1 Faktor Resiko 

Hingga kini penyebab kanker masih menjadi ajang penelitian para dokter, baik di rumah sakit maupun di kalangan akademis. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker. Faktor-faktor resiko penyebab tersebut sebagai berikut: 

1. Bahan kimia, tar pada rokok dan bahan kimia industri. 

2. Penyinaran (radiasi) yang berlebihan terutama radiasi sinar matahari, sinar X (rongten) elektromagnetik dan radiasi bahan berbahan nuklir. 

3. Beberapa virus tertentu. 

4. Pemberian hormon yang berlebihan. 

5. Rangsangan berupa benturan atau gesekan di salah satu bagian tubuh secara berulang-ulang dalam waktu yang lama. 

6. Makanan tertentu seperti makanan yang diawetkan dan mengandung zat pewarna. 

Penyakit kanker dapat menyerang siapa saja dan dari golongan manapun. Meskipun demikian kanker lebih sering menyerang orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Kanker tidak termasuk penyakit menular dan umumnya tidak menurun secara genetik. 



1.1.2 Perbedaan Kanker Dengan Tumor 

Kanker sering dikenal dengan sebagai tumor, tetapi tidak semua tumor disebut kanker. Tumor adalah satu sebutan untuk tonjolan atau gumpalan yang timbul pada tubuh, baik yang kelihatan dipermukaan tubuh maupun yang tersembunyi. Sementara itu, kanker adalah suatu akibat pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal yang kemudian berubah menjadi sel-sel kanker. 

Tumor dibagi menjadi dua, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak tumbuh lambat, bersimpai (mengandung kista), dan berselaput pembungkus, sehingga relatif tidak berbahaya dan mudah dioperasi dan diangkat. Tumor ganas adalah kanker yang tumbuhnya dengan cepat, tidak bersimpai, dan tumbuhnya menyusup kebagian lain melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. 

Secara garis besar, kanker dibagi menjadi 4 jenis sebagai berikut: 

1 Karsinoma, yakni kanker yang tumbuh dan berkembang di sel epitel. 

2 Sarkoma, yakni kanker yang tumbuh dan berkembang di jaringan penunjang, seperti jaringan penunjang payudara. 

3 Leukimia, yakni kanker yang menyerang jaringan yang menghasilkan darah. 

4 Limpoma, yakni kanker yang menyerang jaringan limpa. 

Kanker dapat menyerang semua bagian tubuh. Karena yang terkena, seperti kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati. Pada awalnya hanya di satu bagian tubuh. Namun dalam pertumbuhannya sel-sel kanker dapat menyebar lebih luas ke bagian-bagian tubuh yang lain dan disebut sebagai anak seban atau metastasis. Biasanya kanker tidak bisa disembuhkan jika sudah terjadi metastasis 




1.1.3 Gejala Kanker Secara Umum 

Pada stadium dini, biasanya kanker belum menimbulkan keluhan atau rasa sakit. Biasanya penderita menyadari bahwa tubuhnya terserang kanker apabila sudah memasuki stadium lanjut. Pengenalan gejala kanker perlu dilakukan sedini mungkin, meskipun tidak ada rasa gangguan atau rasa sakit. Mengetahui serangan kanker yang masih stadium dini presentase kesembuhannya semakin besar. Pengenalan gejala kanker dapat dilakukan sendiri dengan cara WASPADA yang merupakan kependekan dari istilah-istilah berikut: 

W : Waktu buang air besar maupun kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan. 

A : Alat pencernaan terganggu dan susah menelan. 

S : Suara serak dan batuk yang tak kunjung sembuh. 

P : Payudara atau ditempat lain ada benjolan. 

A : Andeng-andeng atau tahi lalat berubah sifat, mejadi semakin besar dan gatal. 

D : Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari lubang-lubang tubuh. 

A : Ada koreng atau borok yang tidak tidak bisa sembuh. 



1.1.4 Kanker yang Banyak Menyerang Masyarakat 

a. Kanker Leher Rahim 

Kanker ini adalah jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada wanita Indonesia. Kanker ini banyak menyebabkan kematian, karena biasanya terlambat ditemukan dan diobati. 



b. Kanker Payudara 

Kanker ini adalah kanker yang berasal dai kelenjar, saluran dan jaringan penunjang payudara tetapi tidak termasuk kulit payudara. Kanker ini adalah kanker nomor dua terbahaya yang menyerang wanita Indonesia dan menjadi pembunuh nomor satu wanita Indonesia. 

c. Kanker Kulit 

Kanker kulit adalah jenis kanker yang terdapat dipermukaan kulit sehingga mudah dikenali. Secara garis besar kanker kulit dibagi menjadi dua yakni; 

- Melanoma Magligna, yang merupakan kanker kulit yang paling ganas yang dapat menimbulkan kematian. 

- Non Melanoma Magligna, yang sering timbul karena pemukaan kulit sering terpapar sinar matahari. 



d. Kanker Hati 

Kanker hati sering menjadi penyebab kematian, kanker hati ditemukan pada orang-orang mengidap virus hepatitis B dan hepatitis C kronis. 



e. Kanker Paru-Paru Kanker paru lebih sering dijumpai menyerang kaum pria dibandingkan dengan kaum wanita. Penyebab utama kanker ini adalah merokok. Karenanya lebih banyak asap rokok yang dihisap, lebih besar terkena kanker paru-paru.

0 Response to "PENYAKIT KANKER"

Post a Comment