Latest Updates

Pengertian Bahasa Alami

Pengertian Bahasa Alami 


Pengertian bahasa alami adalah bahasa yang dipelajari manusia dari Iingkungannya yang digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain. Pengertian bahasa alami jika dikaitkan dengan intelegensia semu adalah bahasa yang dibuat oleh manusia untuk berkomunikasi dengan teknologi komputer dengan menggunakan bahasa manusia. 


Belajar suatu bahasa sudah dilakukan manusia pada usia yang masih relatif muda. Manusia belajar berasosiasi dengan suara dan frase yang berhubungan dengan suatu kejadian dan bentuk obyek yang ditemukannya. Proses komunikasi dan pengembangan bahasa ini tidak dapat dijelaskan dengan baik, karena proses tersebut berlangsung secara alami, juga karena bahasa yang digunakan untuk berkom unikasi senantiasa berkembang. Dengan alasan ini maka untuk membuat komputer yang mengerti bahasa alami sangat sui it. Bahasa alami sangat berbeda dengan bahasa program pada komputer. Bahasa komputer merupakan bahasa buatan yang dibuat dalam bentuk format tertentu, dan setiap kata hanya memiliki satu arti (tidak ambigu) 


 Definisi Natural Language Processing 

Natural Language Processing (NLP) merupakan suatu formulasi dan investigasi (penelitian) terhadap mekanisme perhitungan yang efektif pada komputer agar dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa alami mekanisme ini juga melibatkan natural language generation dan understanding. Sebuah arsitektur yang memuat minimal salah satu natural language generator (NLG) maupun Natural Language Understanding (NLU) dapat dikatakan memuat Natural Language Processing . Apabila pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa alami maka terbukti bahwa arsitektur tersebut memiliki Natural Language Processing. Secara teori berbagai arsitektur dapat diterapkan dalam program dengan cara tertentu agar dapat mendukung Natural Language Processing. Hanya dengan adanya potensi secara mengimplementasikan arsitektur yang ada untuk menunjukan bahwa arsitektur tersebut dapat mendukung Natural Language Processing. 

Tahapan Natural Language Processing 

Menurut Rich dan Knight (1991, pp379-380) tahapan Natural Language 

Processing terdiri dari beberapa level analisis . Level analisis tersebut adalah: 


a. Morphological Analysis 

Kata-kata secara individu dianalisa berdasarkan komponennya, dan token yang tidak tennasuk kata, seperti tanda baca, dipisahkan dari kata-kata tersebut. Analisis ini memperhatikan arti. dari setiap komponen yang membentuk suatu kata. Analisis morfologi ini penting untuk menentukan aturan kata yang ada dalam suatu kalimat, tennasuk tata bahasa. 

b. Sy11tax Analysis 


Urutan-mutan linear dari kata-kata diubah menjadi struktur yang menunjukkan bagaimana satu kata berhubungan dengan kata yang lain. Analisis ini mempelajari aturan untuk menggabungkan kata menjadi frase dan kalimat, dan menggunakan aturan tersebut untuk menguraikan (parse) dan membentuk kalimat. Level anal isis yang lebih banyak berhasil. 

c. Semantic Analysis 


Struktur yang diciptakan dari analisa sintaksis akan diperiksa arti sebenarnya. Kalau struktur tersebut tidak memenuhi persyaratan kaidah bahasa maka kalimat tersebut dianggap anomali semantik. 

d. Discourse Integration 

Arti dari suatu kalimat mungkin saja bergantung dari kalimat sebelumnya dan mungkin mempengaruhi kalimat-kalimat selanjutnya. 

e. Pragmatics Analysis 

Struktur yang merepresentasikan apa yang dikatakan diinterpretasikan lagi untuk menentukan apa yang dimaksud sebenamya. 

Batasan-batasan dari kelima fase ini kadang-kadang belum jelas. Fase tersebut kadang dieksekusi secara bertahap, rapi kadang dilaksanakan sekaligus.

0 Response to "Pengertian Bahasa Alami "

Poskan Komentar