Pesta Adat Batak Toba di Desa Sibuntuon

Hello para sahabatku,,, Kali saya mau cerita tentang adat batak taba dimana kita tahu bahwa bangsa kita memiliki keaneka ragaman budaya dan adat istiadat khususnya kita tahu tentang adat batak toba, dimana kita tahu budaya batak itu sangat terkenal sampai ke manca negera yang dulunya di lahirkan oleh para nenek moyang orang batak (siraja batak. Seperti pengalaman baru yang saya alami baru -baru ini saat menghadiri acara adat batak sebelum penguburan (dikemubikan) biasana orang batak kalau ada orang meninggal yang sudah berumur tua, maka acara yang akan bemereka adakan itu biasanya berlangsung selama satu hari satu malam.


Saya akan coba sedikit cerita tentang acara adat batak pada pesta saur matua namanya artinya saur matua itu adalah semua anaknya udah pada menikah semua dan sudah memiliki anak. artinya yang meninggal ini udah punya cucu dari semua anak -anaknya, jadi saya mengikuti acara saur matua di desa saya desa sibuntuon saat ada keluarga meninggal, kalau orang batak bilang mama tua saya yang meninggal itu, jadi acara kita mulai dari malam hari sekitar jam 9 malam kita memulai acaranya. kalau orang batak yang udah saur matua itu harus ada musik tradisional batak namanya gondang batak, jadi pada acara pembuka itu ada sepata kata yang mengadakan pesta (suhut dalam bahasa batak) setelah selesai mengucapkan sepata kata baru ada acara manortor (menari) nah setelah selesia acara ini pada malam hari juga acara gereja yang dia bawakan oleh pemimpin gereja mulai dari bernyanyi, berkotbah dan juga penutupan dengan doa.


Diacara malam hari juga ada yang namanya acara membaca sislilah dari siraja batak, contohnya saya ini marga siahaan, jadi pada malam itu tentang silsilah marga siahaan harus di bacakan sampai pada silsilah orang yang meninggal itu, itulah kalau orang batak mengadakan pesta saur matua.

Acara di lanjutkan sampai besok pagi sampai sore, disini acaranya lebih banyak lagi, karena banyak pamili yang datang dari berbagai daerah, tempat, namun acaranya itu ada baca silsilah orang batak, acara menortor, dan juga acara pemberian ulos batak, seperti itulah adat batak sampai pada akhirnya nanti di tutup acara dari gereja, nah setelah itu baru acara penguburan itulah selesianya acara.

Seperti gambar di bawah ini saat acara orang batak di desa sibuntuon.





 

                 Pesta adat batak Acara Saur matua
 

0 Response to "Pesta Adat Batak Toba di Desa Sibuntuon"

Post a Comment