Era Globalisasi

Di era globalisasi, banyak aspek-aspek yang mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan yang terjadi tentunya membawa suatu kemajuan bagi segala aspek yang mendapat dampak adanya globalisasi. Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain.

Nasionalisme bangsa Indonesia dapat terus dipertahankan dan dilestarikan dengan mengimplementasikan seluruh nilai-nilai Pancasila dalam keseluruhan kehidupan berbangsa dan bernegara. Yang sesuai dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila pada sila ke-3 yakni Persatuan Indonesia yang bermakna Menjaga Persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Rela berkorban demi bangsa dan negara.

Dari pembahasan diatas, bahwasanya Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupa berbangsa dan bernegara dapat menumbuhkan semangat nasionalisme yang kuat dalam mengantisipasi perubahan-perubahan di era globalisasi demi mempertahankan nasionalisme dan keutuhan bangsa Indonesia.

Kenyataan bahwa Indonesia sekarang telah masuk dalam era globalisasi yang mengarah kepada akulturasi nilai global terhadap nilai-nilai lokal, maka pendidikan kewarganegaraan bagi kalangan mahasiswa di perguruan tinggi masih sangat relevan diberikan dalam rangka membentengi para calon pemimpin bangsa akan nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an untuk mengantisipasi segenap permasalahan rumahtangga bangsa sendiri dan dalam rangka mengantisipasi masuknya nilai-nilai global yang cenderung destruktif dan melunturkan nilai-nilai lokal.

Semangat persatuan dan kesatuan yang melatarbelakangi pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini harus selalu terpatri dalam setiap individu warga Negara Indonesia. Dan pendidikan kewarganegaraan perlu tetap diberikan untuk mempersiapkan calon pemimpin bangsa tidak akan membiarkan keretakan pemahaman para elit bangsa menjadi unsur pemecah yang membawa pada disintegrasi bangsa yang memang sudah lama dirongrong oleh unsur asing di segala bidang. Oleh karena itu, pendidikan kewarganegaraan harus betul-betul didesain dan mampu memupuk sikap dan menanamkan kembali jiwa patriot yang harus selalu dijunjung demi mengantisipasi berbagai macam perubahan di masa mendatang.


3.2 Saran

Dengan adanya makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa. Hendaknya seluruh elemen bangsa Indonesia mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, demi terciptanya masyarakat bangsa yang bernasionalisme tinggi, sehingga pembaca tidak tergilas oleh arus globalisi. Tetap menjaga identitas nasional dan nilai-nilai luhur bangsa.


0 Response to "Era Globalisasi "

Post a Comment