Cara Mempersentasikan Hasil Penelitian

Mempresentasikan hasil penelitian maksudnya adalah mempublikasikan atau menyampaikan hasil penelitian secara lisan dalam forum-forum diskusi, seminar atau ceramah.

Menurut Suryanto dan Haryanta (2007:141), langkah-langkah melakukan presentasi adalah sebagai berikut.

“Tuliskan pokok-pokok masalah yang akan kamu sampaikan secara runtut, buatlah ringkasan penjelasan proses penelitian yang kamu lakukan, buatlah ringkasan penjelasan hasil penelitian yang sudah kamu lakukan, siapkan ketiga hal di atas secara tertulis dalam kertas, atau power point, kerjakan keempat tugas tersebut sedini mungkin sehingga masih ada waktu untuk persiapan yang lain, lakukan latihan mempresentasikan hasil penelitian tersebut di rumah baik sendiri maupun bersama teman, buatlah daftar pertanyaan sekaligus jawabannya untuk mengantisifasi pertanyaan dari guru atau teman pada waktu presentasi”.

Dalam waktu yang terbatas, kita tidak mungkin menyampaikan seluruh hasil penelitian. Oleh karena itu, hal-hal yang telah kita uraikan dalam laporan, tidak perlu disampaikan semuanya. Pilihlah bagian-bagian yang penting atau pokok-pokoknya saja.

Dengan demikian, sebelum kita menyajikan hasil penelitian ini, kita perlu meringkasnya yang dapat dilakukan sesuai dengan aspek kebahasaan dan aspek nonkebahasaan berbicara yang merupakan aspek penilaian dalam mempresentasikan pokok-pokok hasil penelitian, yakni pengucapan vokal dan konsonan yang tepat, penempatan tekanan dan nada yang sesuai, diksi yang bervariasi dan jelas, struktur kalimat yang tepat, sikap yang tenang, wajar dan tidak kaku, pandangan mata yang tertuju pada semua pendengar, mimik yang tepat, dan berbicara dengan lancar serta menguasai topik dengan menggunakan tampilan visual. Adapun kunci keberhasilan penyampaian hasil penelitian secara lisan dalam presentasi selain menguasai hasil penelitian itu sendiri, menguasai keterampilan berbicara juga merupakan kunci keberhasilan dalam presentasi.

d. Penilaian Kemampuan Mempresentasikan Hasil Penelitian

Maidar dan Mukti (repository.upi. edu/ operator/ upload/ s c0151 0603334 chapter2. pdf) mengatakan: “membuat penilaian kemampuan berbicara didasarkan pada aspek kebahasaan dan aspek nonkebahasaan penunjang keefektifan berbicara”. Berhubung karena dalam penelitian ini yang akan dinilai adalah kemampuan siswa mempresentasikan hasil penelitian dengan jenis presentasi visual, maka penilaian tidak hanya didasarkan pada aspek-aspek kebahasaan dan nonkebahasaan berbicara saja, tetapi perumusan tema, kesesuaian presentasi dengan pokok-pokok hasil penelitian, urutan yang logis dan penggunaan tampilan visual juga akan dinilai, yang diberi skor 1-3.

Jadi, aspek-aspek yang akan dinilai dalam penilaian kemampuan mempresentasikan hasil penelitian, yakni: pengucapan vokal dan konsonan, penempatan tekanan dan nada, diksi (pilihan kata), struktur kalimat, sikap yang wajar, tenang, dan tidak kaku, pandangan mata, mimik, kelancaran, perumusan tema, penguasaan topik dan kesesuaian presentase dengan pokok– pokok penelitian, urutan yang logis, penggunaan tampilan visual.

0 Response to "Cara Mempersentasikan Hasil Penelitian "

Post a Comment