Apa Itu Studi Kasus ?

Menurut Winston (1997 : 10), studi kasus merupakan strategi penelitian yang bersifat triangulasi. Triangulasi tersebut meliputi triangulasi data, penyelidik, teori, dan metodologi. Oleh karenanya, pemeriksaan kabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi.
 Guna menjamin dan mengembangkan validitas data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini, teknik pengembangan validitas data yang biasa digunakan dalam penelitian kualitatif yaitu teknik trianggulasi akan dikembangkan. Dari empat macam teknik trianggulasi yang ada (Patton dalam Sutopo : 2006 ; 229), hanya akan digunakan satu jenis trianggulasi data yaitu trianggulasi sumber. 

Artinya, mengumpulkan data sejenis dari beberapa sumber data yang berbeda, misalnya mengenai topik pemberitaan tentang komunikasi politik calon gubernur pada pemilihan Gubernur Jawa Timur digali dari sumber data yang berbeda.  Selain itu data base akan dikembangkan dan disimpan agar sewaktu – waktu dapat ditelusuri kembali bila dikehendaki adanya verifikasi.

0 Response to "Apa Itu Studi Kasus ?"

Post a Comment