Latest Updates

Trend Baru Cari Uang

Pengertian Retoris

Retoris
            Istilah retorika (rhetoric) memiliki beragam definisi. Whately misalnya, mendefinisikan retorika dengan the finding of suitable arguments to prove a given point, and the skillful arrangement of them. Namun, pada prinsipnya ada dua hal yang selalu berkaitan dengan istilah  retorika. Pertama, aktivitas sering digunakan dalam wilayah politik. Kedua, retorika juga dilihat sebagai wacana yang cukup diperhitungkan dalam mempengaruhi khalayak. Dalam hal ini struktur retoris dimaksudkan sebagai komponen yang digunakan para wartawan untuk menekankan fakta yang diberitakan.

Struktur retoris dalam wacana berita menggambarkan pilihan gaya atau kata yang dipilih wartawan untuk menekankan arti yang ditonjolkan oleh wartawan. Berfungsi untuk membuat citra, meningkatkan kemenonjolan pada sisi-sisi tertentu, dan meningkatkan gambaran yang diinginkan pada suatu berita. Struktur retoris juga menunjukkan kecenderungan bahwa apa yang disampaikan tersebut adalah suatu kebenaran.
            Elemen struktur retoris yang dipakai adalah :

§  Leksikon : merupakan pemilihan atau pemakaian kata-kata tertentu untuk menggambarkan peristiwa. Pilihan ini tidak dilakukan secara kebetulan, tetapi secara ideologis untuk menunjukkan pemaknaan seorang terhadap fakta.
§  Metafor : kiasan yang mempunyai persamaan sifat dengan benda atau hal yang bisa dinyatakan dengan kata atau frasa. Dipakai tidak hanya untuk ‘ornamen’ berita, tetapi juga untuk mendukung dan menekankan pesan utama yang disampaikan.
§  Grafis : diwujudkan dalam bentuk variasi huruf (ukuran, warna, dan efek), caption, grafik, gambar, tabel, foto dan data lainnya. Termasuk juga penempatan dan ukuran judul (dalam kolom). Elemen grafik memberikan efek kognitif, ia mengontrol perhatian dan ketertarikan secara intensif dan menunjukkan apakah suatu informasi itu dianggap penting dan menarik sehingga harus difokuskan.
§  Gaya : menunjuk pada kemasan bahasa tertentu dalam penyampian pesan untuk menimbulkan efek tertentu pada khalayak.

0 Response to "Pengertian Retoris "

Post a Comment