Keterbatasan Metodologis


            Harus diakui oleh peneliti bahwa setiap instrumen yang dipakai untuk proses pencarian data, penggalian informasi, dan penelitian ilmu pengetahuan memiliki keterbatasan. Hal ini juga bisa muncul dari peneliti sendiri dan sarana-sarana penunjangnya. Berikut beberapa kelemahan metodologis yang muncul dalam penelitian ini :
a)      Seperti halnya pendekatan lain, Paradigma Konstruktivisme yang digunakan penulis dalam penelitian ini memiliki kelemahan. Salah satu diantaranya adalah kemampuan satu media atas media lain sering diabaikan. Artinya kemampuan dominasi satu media atas media lainnya kurang diperhatikan, padahal konstruksi realitas yang sebenarnya sangat dipengaruhi oleh kekuatan media tertentu secara keseluruhan. 

b)      Seperti diakui Pan Kosicki sendiri bahwa model framingnya tak lepas dari kelemahan metodologis. Yaitu keputusan metodologis tentang unit-unit berita mana saja yang diambil sebagai bahan analisis. Dalam penelitian ini hanya dipilih 5 sub tema yang sama dan diberitakan oleh keempat media massa yang menjadi obyek penelitian. Padahal di luar sub tema yang dipilih terbuka kemungkinan ada informasi lain yang menunjukkan sikap dan strategi media massa.

0 Response to " Keterbatasan Metodologis"

Post a Comment