Cara penyimpanan ASI




ASI dikeluarkan dapat disimpan untuk beberapa saat dengan syarat :
a.     Disimpan di udara bebas dalam tempat yang bersih selama 6 - 8 jam
b.   ASI yang disimpan dalam lemari es (tidak dibekukan) harus diberikan dalam 2 x 24 jam sejak ASI tersebut dikeluarkan dari payudara.
c.    Untuk didimpal lama, harus dibukukan pada temperatur pendingin sampai 18o C dapat disimpan sampai 6 bulan.
Pada penyimpanan dengan cara dibekukan tidak berpengaruh terhadap komponen kekebalan yang dikandungnya. Apabila ASI akan diberikan pada bayi setelah didinginkan tidak boleh dipanaskan karena akan merusak kualitas khususnya unsur kekebalan, ASI cukup didiamkan beberapa saat dalam suhu kamar agar tidak terlalu dingin.
     faktor yang mempengaruhi teknik menyusui
a.    Pengalaman
Pengalaman ibu dalam menyusui menunjang keberhasilan teknik menyusui yang benar, dalam hal ini pengalaman dapat digunakan sebagai cara untuk memperbaiki cara menyusui yang kurang benar.
b.   Waktu dan tempat
Menyusui membutuhkan waktu dan kondisi yang nyaman, sehingga perlu disiapkan kondisi yang aman dan tenang sehingga ibu dan bayi merasa nyaman tanpa ada gangguan, Agar menyusui berjalan lancar.
c.    Pendidikan
Pendidikan juga mempengaruhi teknik menyusui pada ibu post partum, karena dengan pendidikan yang lebih tinggi ibu mendapatkan informasi banyak dalam teknik menyusui yang benar
d.   Keadaan ibu dan bayi
Keadaan ibu dan bayi yang sehat akan mempengaruhi teknik pemberian ASI, Karena keadaan sehat pada ibu dan bayi menunjang proses keberhasilan teknik menyusui.

0 Response to " Cara penyimpanan ASI"

Post a Comment