Macam Macam ARSIP Lihat Dari Bentuk Fisiknya


Sehingga arsip apabila dilihat dari bentuk fisiknya ada beberapa media, dapat berupa : 

1. Arsip kertas atau tekstual (paper based records) 
2. Arsip pandang denar/audio visual (voice and video media), yang terbagi menjadi moving images, still picture, and sound recording 
3. Arsip bentuk micro (microphotographic media include microfilm or fiche) 4. Arsip kartografik dan kearsitekturan 
5. Arsip elektronik (electronic records / machine readable records) 

Dilihat dari fungsinya dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan sehari-hari, fungsi arsip dibagi atas “arsip dinamis” dan “arsip statis” (pasal 2 UU No 7 tahun 1971). 

1. Arsip Dinamis, yang dipergunakan secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umumnya atau dipergunakan secara langsung dalam penyelenggaraan administrasi negara. 
2. Arsip Statis, yang tidak dipergunakan secara langsung untuk perencanaan, penyelenggaraan kehidupan kebangsaan pada umunya maupun untuk penyelenggaraan sehari-hari dministrasi negara. Selanjutnya arsip dinamis dibagi menjadi arsip aktif, adalah arsip dinamis yang secara langsung dan terus menerus diperlukan dan dipergunakan dalam penyelenggaraan administrasi, dn arsip inaktif adalah arsip dinamis yang frekuensi penggunannya untuk penyelenggaraan administrasi sudah menurun (pasal 1 Peraturan Pemerintah no. 34 tahun 1979). 

Dari pengertian dan batasan tersebut di atas terdapat dua hal yang menarik untuk digaris bawahi yaitu: 
1. Asip sebagai suatu ”perekaman informasi” dalam segala bentuk medianya. 
2. Arsip (dinamis) merupakan hasil/bagian dari kegiatan administrasi (pemerintah). Rupanya pengertian di atas diilhami oleh pengertian arsip dalam bahasa Belanda, yaitu Archief Dinamisch (arsip dinamsi), Archief Semi Statisch (arsip inaktif) dan Archief Statisch (arsip statis). Pembagian arsip berdasarkan fungsinya tersebut terdapat perbedaan antara negara-negara eropa continental dan anglo saxon, yaitu: 
1. Europeen Continental Countries a. Records (dinamis) - Current (active) - Non / Semi Current (inactive) b. Archives (statis) 
2. English Speaking Countries a. Records: - Current - Semi / Non 

Current - Public Dari dictionary of Archival terminology yang diterbitkan oleh International Council on Archives (ICA) edisi ke II tahun 1988. record (s) diatikan sebagai “Recorded information document(s) regardless of form or medium crated, received and maintained by an agency, institution, organization or individual in pursuancement of its legal obligations or in the transaction of business”. Current records diartikan “Record regrlarly used for the conduct of the current business of an agency, instituation or organization, and wich, therefore, continue to be maintained in their pleace of orogin”. Non Current Records diartikan sebagai “Records no longer needed for current business”.

0 Response to "Macam Macam ARSIP Lihat Dari Bentuk Fisiknya "

Post a Comment