Pengertian Tematik


Tematik
            Struktur tematik berkaitan dengan bagaimana suatu fakta ditulis, meliputi : bagaimana kalimat yang dipakai, bagaimana menempatkan dan menulis sumber ke dalam teks secara keseluruhan. Struktur tematik ini membuktikan tema tertentu yang dipilih wartawan dalam melaporkan berita lewat susunan atau bentuk kalimat tertentu., propoisi atau hubungan antar proposisi.
            Dalam suatu peristiwa, pembuat teks dapat memanipulasi penafsiran pembaca berdasarkan definisinya atas realitas tersebut. Bagi Pan Kosicki berita mirip pengujian hipotesis : peristiwa yang diungkapkan dan perangkat tersebut digunakan untuk membuat dukungan yang logis bagi hipotesis yang dibuat.
            Beberapa perangkat tematik adalah sebagai berikut :
§  Koherensi : menyangkut pertalian atau jalinan antar kata, proposisi, atau kalimat. Dua buah kalimat yang menggambarkan fakta berbeda dihubungkan dengan menggunakan koherensi. Fakta yang tidak berhubungan sekalipun dapat menjadi berhubungan ketika seorang wartawan menghubungkannya. Ada beberapa macam koherensi. Pertama, koherensi sebab akibat, yang memandang proposisi atau kalimat satu sebagai akibat atau sebab dari kalimat lain. Biasanya dihubungkan dengan kata hubung ‘sebab’ atau ‘karena’. Kedua, koherensi penjelas, yang memandang proposisi atau kalimat satu sebagai penjelas dari kalimat lain. Biasanya dihubungkan dengan kata hubung ‘dan’ atau ‘lalu’. Ketiga, koherensi pembeda, yang memandang proposisi atau kalimat satu sebagai lawan atau kebalikan dari kalimat lain. Biasanya dihubungkan dengan kata hubung ‘dibandingkan’ atau ‘sedangkan’.
§  Kata ganti : Dapat menunjukkan posisi seseorang dalam suatu wacana. Bertujuan untuk memanipulasi dengan menciptakan imajinasi.
§  Bentuk Kalimat : berhubungan dengan cara berpikir logis yaitu prinsip kausalitas. Dengan kausalitas dalam bahasa diwujudkan dalam subyek dan predikat.
§  Detail : berhubungan dengan pengendalian informasi yang dikemukakan komunikator. Informasi yang menguntungkan diri komunikator akan ditampilkan lebih besar. Sebaliknya, informasi yang merugikan akan mendapat porsi yang lebih sedikit atau dihilangkan sama sekali.

0 Response to "Pengertian Tematik "

Post a Comment