Visi Misi Dan Kebijakan Redaksional Jawa Pos

Visi dan misi Jawa Pos tercermin pada moto “Berdasarkan Pancasila Mencerdaskan Bangsa”. Pada visi Jawa Pos terdapat pandangan masyarakat dan bangsa Indonesia yang cerdas dan bersikap bijaksana. Misi Dalam konteks ini peran yang ingin diambil Jawa Pos adalah peran untuk mendidik dan mencerdaskan khalayak pembaca sebagai komponen bangsa melalui sajian berita-berita dan ulasannya. Sedangkan misi Jawa Pos adalah berkehendak untuk menyajikan informasi kepada segenap masyarakat tanpa terkecuali, Tidak ada misi khusus dari suatu golongan atau kepentingan tertentu.

Sementara itu, kebijakan redaksional Jawa Pos adalah bahwa Jawa Pos berupaya untuk menjadi referensi utama bagi masyarakat Jawa Timur. Dari pengalaman penulis magang di Jawa Pos, tercermin bahwa standard penulisan Jawa Pos mengacu pada kelayakan jurnalistik secara umum. Seperti halnya, koran harian lain, peristiwa – peristiwa aktual menjadi bidikan utama Jawa Pos dalam mengisi halaman korannya.
Dari sisi etika, Jawa Pos juga masih berusaha menjaga netralitas dan menjaga keseimbangan berita. Pada sisi tertentu, aspek human interest sering menjadi andalan koran ini untuk menarik perhatian pembaca. Aspek ini muncul pada berita – berita features yang biasa dikenal dengan istilah berita box. Selain itu, aspek foto dan grafis juga menjadi perhatian besar karakter pemberitaan di Jawa Pos. Terlihat banyak sekali berita yang memunculkan foto dan atau grafis. Sesuai dengan kaidah “Gambar bercerita lebih dari seribu bahasa”, kebijakan ini tentu memudahkan pembaca dalam memahami peristiwa. 

Berdasarkan hasil diskusi dengan salah seorang pimpinan Jawa Pos, Aris Sudanang, karakter pemberitaan Jawa Pos adalah bersifat menggugah perasaan pembaca. Artinya, perasaan pembaca banyak diusik dengan aspek latar berita yang mendasari lahirnya sebuah peristiwa. Untuk itulah, banyak pihak menyebut model tulisan di Jawa Pos adalah telling story (menceritakan sebuah peristiwa). Bukti model tulisan ini terumus jelas utamanya dalam berita – berita olahraga dan berita jenis features.

0 Response to "Visi Misi Dan Kebijakan Redaksional Jawa Pos"

Post a Comment