APA ITU PERDARAHAN UTERI DISFUNGSIONAL?

PERDARAHAN UTERI DISFUNGSIONAL
dr. Annas Budi, dr. M.M. Palisuri, SpOG

PENDAHULUAN :
Wanita dalam kehidupannya tidak luput dari adanya siklus haid normal yang terjadi secara siklik. Hampir semua wanita pernah mengalami gangguan haid semasa hidupnya. Gangguan ini dapat berupa siklus haid yang memanjang atau memendek, maupun perdarahan abnormal yang berkepanjangan.(1) Peristiwa ini dapat terjadi setiap saat dalam kurun waktu antara menars dan menopause.(2) 
      Seperti kita ketahui bahwa siklus haid diatur oleh 2 faktor yaitu : (3,4)
1.     Faktor fungsi endokrin reproduksi yang normal dalam hal ini poros hipotalamus-hipofisis dan ovarium
2.     Faktor fungsi anatomi genitalia yang normal dalam hal ini uterus, ovarium, tuba dan vagina

      Yang berhubungan dengan perdarahan uterus disfungsional adalah keadaan dimana fungsi anatomi genitalia yang normal (tidak ditemukan kelainan organik) dan satu-satunya penyebab perdarahan adalah gangguan fungsi endokrin reproduksinya.(4)

DEFINISI :
Perdarahan uterus disfungsional (PUD) adalah perdarahan uterus abnormal (lamanya, frekuensi, jumlah) tanpa ditemukan kelainan organik dan hematologi melainkan hanya akibat gangguan fungsi mekanisme kerja poros hipotalamus - hipofisis - ovarium dan target organnya dalam hal ini endomterium.(2,3,4,5) 

ANGKA KEJADIAN :
      Dari penelitian para ahli dinyatakan bahwa angka kejadian cukup tinggi, karena hampir terjadi pada semua wanita. Tetapi karena sebagian PUD pulih sendiri tanpa pengobatan, yang tercatat hanyalah PUD berat yang seringkali mencapai keadaan gawat darurat.(1,3)  
      Gangguan ini paling sering ditemukan pada usia perimenars dan perimenopause dan merupakan 10% dari seluruh kunjungan ginekologik. Sekitar 4% berusia kurang dari 20 tahun, 39% berusia diatas 40 tahun dan sisanya berada pada usia reproduksi. Kejadian PUD pada usia kurang dari 20 tahun sesungguhnya jauh lebih besar daripada yang dilaporkan, hal ini disebabkan oleh adanya keengganan pada wanita usia perimenars untuk menjalani pemeriksaan.(1,2,3,5) 

0 Response to "APA ITU PERDARAHAN UTERI DISFUNGSIONAL?"

Post a Comment