OBAT SEJATI

“Aku bersyukur kepada-MU oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya” Maz 139:14
“Udara berssih, sinar matahari, pertarakan, istirahat, gerak badan, makanan sehat, pemakaian air, percaya kepada kuasa Ilahi- inilah obat sejati. Setiap orang patut mengetahui obat-obata alam serta penggunaannya.” – The Ministry of Healing,  hlm 127.
Satu ons pencegahan ...... Dapatkah Saudara meneruskan peribahasa lama ini ? Demikianlah bunyinya : Satu ons pencegahan bernilai satu pon pengobatan (pencegahan lebih mudah dan murah dari pengobatan). Ini khususnya terasa pada waktu kita sakit. Namun hanya sedikit dari antara kita yang mengetahui dan mempraktekkan obat alam yang murah tersebut.
Pelajaran ini adalah awal pendalaman terhadap delapan prinsip-prinsip dasar alami yang menunjang kesehatan kita. Pelanggaran terhadap prinsip-prinsip ini pasti akan mempertinggi risiko penyakit, ketidak-sanggupan dan kematian yang prematur. Mengikutinya akan emningkatkan kesehatan dan kehidupan KeKristenan kita lebih daripada obat modern, pengobatan canggih, program asuransi nasional dari setiap rumah sakit yang terbaik peralatannya di dunia ini!
A. PERMUKAAN LAUT (Kej 1).
Pada Pekan Penciptaan, Allah menyediakan berbagai cara alami untuk membuat kita tetap sehat. Telitilah Kejadian 1 dan 2 dan untuk menemukannya. Apa yang pertama?
Air sudah ada sejak awal Penciptaan dan merupakan suatu faktor penting yang membuat tubuh kita berfungsi dengan lancar:
1. Tujuh puluh persen berat badan kita terdiri dari air.
2. Sekitar delapanpuluh persen dari darah adalah air, dan hampir 22 persen dari tulang kita terdiri dari air.
3. Tujuhpuluh lima persen dari otot kita terdiri dari air.
4. Tubuh kita memerlukan sekitar 2,4 liter air per hari agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa dari fungsi tersebut termasuk peredaran darah, pembuangan kotoran, penyaluran sari makanan dan pencernaan. (Air kita dapatkan dari makanan dan air minum.)
5. Orang yang sedang-sedang mempunyai 15 sampai 40 milyar sel otak. Masing-masing terdiri dari 70 sampai 85 persen air. Apabila sel-sel tersebut mendapat cukup air maka pikiran kita akan tetap WAar, dapat mengatasi depresi, dan tidak mudah matah.
6. Air penting, bukan hanya untuk diminum. Mandi setiap hari dengan air sejuk atau hangat melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh dan pikiran menjadi kuat. Air mandi dapat juga menenangkaa gangguan saraf yan$ menimbulkan penyakit dengan cara melemahkan sistem kekebalan tubuh. Mandi membuang daki dari Wit dan dapat menurunkan demam.
Apa yang dilambangkan air di dalam Alkitab? Yoh 4: 5-14; 7: 37,38.
"Air penyegar itu (dalam Alkitab) ... adalah lambang anugerah Ilahi, yang hanya dapat diberikan Kristus, dan sebagai air hidup, ia akan membersihkan, menyedarkan dan menguatkan jiwa. Di dalam diri orang yang di dalamnya Kristus tinggal terdapadah pancaran anugerah dan kekuatan yang tidak akan pernah kering." -- Sejarah Para Nabi, Jld. 1, him. 436.
Bagaimana Yesus menyegarkan jiwa Saudara baru-baru ini?

B. MENDAHULUKAN YANG TERPENTING (Kej 13-5).
Hari pertama. "Untuk mengatur segala sesuatu yang masih kacau-balau dan untuk menumbuhkan berbagai jenis tanaman dan hewan di atas bumi, maka mulailah Pencipta menjadikan terang karena terang sangat penting, dan tanpa terang tidak akan ada kehidupan." -- SDA Bible Commentary, vol. 1, hlm. 209, 210.
Faedah sinar matahari banyak, di antaranya:
1. Berjemur tiap hari selama 15 sampai 30 menit pada sinar matahari pagi atau sore hari akan menolong tubuh untuk membentuk sendiri [synthesize] ,, vitamin D, satu unsur gizi/hormon penting pada kulit. (Vitamin D menolong darah membuat kalsium dan fosfor, yang membentuk dan memperbaiki jaringan tulang)
2. Sinar matahari berfungsi sebagai pembasmi dan pembunuh bakteri dan kuman.
3. Berjemur di bawah sinar matahari setelah berkali-kali melintasi zona waktu dengan pesawat udara akan menolong menyesuaikan diri terhadap ¬gangguan fungsi tubuh.
4. Matahari "memberikan energi-kepada tumbuh-tumbuhan untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi hidrat arang. Tanpa proses ini, margasatwa dan manuusia akan mati kelaparan." -- Eleanor N. Whitney and Eva M Hamilton, Understanding Nutrition (St. Paul, Minn: West Publishing Company, 1981), hlm. 401.
5. Sinar matahari juga menolong seseorang untuk menyesuaikan diri kepada pekerjaan malam dan menghilangkan depressi hari-hari gelap pada waktu musim dingin.
(Perhatian: Sinar matahari juga berbahaya. Terlalu lama berjemur pada sinar matahari dapat membakar kulit, mempertinggi kemungkinan menderita kanker kulit, mempercepat usia tua, merusak mata & dan menim¬bulkan katarak.)
Terang sebagal lambang. Dalam Alakitab terang melambangkan kehadiran Allah (Mzm 18:29;112:4; Yes 60:1; Yoh 1:4-9. Seperti pentingnya, terang bagi kehidupan fisik, demikianlah , pentingnya terang rohani bagi kehidupan moral dan rohani. Baca 1 Yoh 1:5. "Bagi mereka yang di dalam hatinya berlangsung pemulihan keserupaan dengan Ilahi dengan cepat, sekarang ini pun la mengusir bayang-bayang dosa, ketidak-pastian dan ketawaran hati dengan berkata 'Jadilah terang.'" -- SDA Bible Commentary, vol. 1, hlm. 210.
Bagaimana menambah penerimaan akan sinar matahari, balk fisik maupun rohani, dalam kehidupan Saudara? Bagaimana terang Anak Allah melindungi sistem kekebalan Saudara dari serangan kuman-kuman dan bakteri dosa?

C. TARIK NAPAS DALAM-DALAM! (Kej 1:7, 9).
Selain air dan sinar matahari, apa lag[ yang diciptakan Allah untuk memelihara tubuh kita tetap sehat? Kej 1:7, 8.
Langit "Dalam ayat ini [ay. 8] 'langit' adalah atmosfer yang tampak.. . . bagaikan tirai menudungi bumi kita ini." -- SDA Bible Commentary, vol.1,. hlm. 211.
Tidak seorang pun yang dapat hidup lebih dari 5 atau 6 menit tanpa menggunakan berkat-berkat langit dalam Kejadian 1:7, 8 itu. "Agar darah kita baik, kita harus bernapas dengan baik. Menarik napas dalam-dalam hingga penuh dengan udara bersih akan memenuhi paru-paru kita dengan, oksigen serta membersihkan darah kita. Warnanya jadi cerah, dan meng¬alirkan kehidupan ke seluruh bagian tubuh." -- The Minishy of Healing,  hlm. 272.
Saudara mungkin berkata, tidak ada masalah. Kita bernapas secara alami, bukan? Tetapi kita tidak bernapas secara alami seperti sewajarnya. Pernah¬kah Saudara memperhatikan lambung seorang bayi yang mengembang bagaikan balon tiap kali menghirup udara dan mengempis pada saat menghembus¬kan udara? Itulah cara bernapas.yang benar. Saudara dapat belajar kembali seperti seorang bayi dengan melakukan cara berikut ini.   
Duduklah di kursi yang sandarannya tegak lurus, dan miringkan tubuh sedikit ke depan. Letakkanlah satu telapak tangan pada pusat Saudara, dan telapak tangan yang satu lagi di atasnya. Jika perut Saudara mengempis ketika menghembuskan nafas, maka cara Saudara bernapas benar.
Untuk melatih panapasan dengan benar, tariklah napas dalam-dalam kemudian keluarkan semuanya melalui mulut Saudara. Perhatikanlah perut Saudara, apakah sudah kempis benar. Kalau belum, usahakan agar lebih kempis lagi. Lalu bernapaslah melalui hidung seperti biasa. Jika perut Saudara gembung seperti balon, berarti Saudara telah bernapas dengan baik.
Bagaimana mutu udara yang kita hirup itu juga penting. Ruangan harus mempunyai sirkulasi udara yang baik. Bukalah jendela pada saat Saudara tidur, bila kemanan dan cuaca mengizinkan.   
Praktikkanlah pernafasan rohani pada saat mengeluarkan udara buruk dengan mengakui dan menyerahkan dosa dan kelemahan kita kepada Yesus. Hiruplah udara surga dengan menerima Yesus melakukan pengampunan dan pembasuhan. (Baca Yoh 20:21. 22: Rm 8:11).

D. MARI BERGERAK TERUS! (Kej 2:15).
Allah memberikan pekerjaan kepada Adam dan Hawa yang akan  menggerakkan tubuh mereka. Disayangkan, banyak dari antara kita sekarang ini yang hanya memerlukan sedkit pergerakan dalam pekerjaannya. Pada hal pentingnya gerak badan bagi kesehatan kita belum berubah. Berikut ini terdapat beberapa manfaat gerak badan bagi kita:
1. Gerak badan membuat tekanan darah normal.
2. Gerak badan mmbuat darah mengalir sampai ke seluruh bagian tubuh kita, sehingga seluruh bagian tubuh itu tetap hangat.
3. Gerak badan menghilangkan ketegangan fisik dan emosi, dan membuat hidup Saudara terasa lebih nyaman
4. Gerak badan memeerkan energi listrik kepada otak dan sel-sel saraf.
5. Gerak badan membuat dan memelihara warna kulit Saudara cerah.
6. Gerak badan membuat Saudara tetap bergairah, sehingga tubuh dan emosi saudara tidak menjadi cepat lesu.
7. Gerak badan akan menolong otak menghasilkan zat kimia yang membuat Saudara merasa sehat dan lebih mampu menahan rasasakit.   
Daftar ini sudah patut menyadarkan kita untuk berhenti berdalih dan mulai bergerak badan-- Awalilah gerak badan dengan  hanya sedikit lebih dulu, dan dengan cara lambat laun tingkatkan setelah makin tahan. Sebelum Saudara mulai, sebaiknya mintalah nasihat dokter lebih dahulu. Tekanan darah tinggi dan kolesterol [lemak] sering tidak ketahuan gejalanya, tetapi dapat membahayakan ketika mulai bergerak badan. Sasaran Saudara ialah melaksanakan jenis gerak badan aerobik atau sama dengan berjalan kaki 1,5 kilometer dalam waktu 15 menit. Lakukanlah hal ini paling sedikit empat kali seminggu. (Gerak badan aerobik menggerakkan otot-otot besar tubuh berulang-ulang sehingga denyut jantung naik sekitar 20 sampai 25 persen.)
Lebih baik dari obat. "Apabila cuaca mengizinkan, orang-orang yang biasa duduk haruslah bergerak badan di alam terbuka setiap hari, baik pada musim dingin atau musim panas. Berjalan kaki lebih baik ... karena lebih banyak otot yang turut digerakkan. Paru-paru dipaksa bekerja demi kesehatan, karena tidak mungkin berjalan cepat tanpa memompanya.
"Gerak badan seperti itu, dalam berbagai hal, lebih menyehatkan daripada obat " -- Tlte Ministry of Healing hlm. 240.
Apa kemudahan-kemudahan modern yang telah merampas kesempatan bergerak badan dari kita? Bagaimana Saudara dapat tetap bergerak badan walaupun ada kemudaban-kemudahan tersebut?

E. "MARILAH ... BERISTIRAHATLAH SEKETIKA!" (Kej 2:2,3; Mrk 631).
Apa istirahat lain yang perlu selain istirahat hari Sabat?
"Kita sering bekerja terlalu keras, tanpa mengatur pergantian atau waktu istirahat. Rekreasi penting bagi mereka yang melakukan pekerjaan fisik, tetapi lebih penting lagi bagi mereka yang bekerja dengan menggunakan otak." -- Counsels on Health, him. 195.
Istirahat menolong kita bekerja lebih efisien dan berpikir lebih terang. Juga menolong tubuh untuk melawan infeksi dan berperan untuk mencapai umur yang panjang. Ada tiga tipe istirahat: (1) istirahat karena stres emosi atau pikiran, (2) istirahat karena kelelahan fisik dan (3) istirahat karena penyakit atau luka. Jika Saudara menggunakan waktu terlalu banyak untuk berpikir-pikir atau kuatir, maka Saudara akan jadi cemas, merasa tertekan atau mudah marah. Agar dapat "beristirahat" dan penderitaan ini haruslah bergerak badan di udara segar. Untuk beristirahat dari kelelahan fisik kita harus memahami batas kesanggupan tubuh kita, dan beristirahatlah sebelum kehabisan tenaga. Yang terakhir, sakit atau luka memerlukan istirahat di tempat tidur untuk menyembuhkan tubuh kita.
Agar nyenyak tidur, ikutilah petunjuk berikut. Tidurlah pada waktu tidur dengan teratur. Pakailah tempat tidur yang menyenangkan. Dan jika mengizinkan, usahakan agar cukup udara segar masuk ke dalam kamar tidur Saudara. Jagalah agar fisik Saudara tetap bugar. Santailah sebelum tidur. Jika saudara makan malam, makanlah sedikit saja dan waktunya paling sedikit 4 jam sebelum tidur.
Bagaimana hari Sabat menolong tercapainya dua tipe pertama istirahat di atas? Pemeliharaan hari Sabat yang benar mencakup pengenalan lebih banyak tentang Allah dan melayani berbagai keperluan rohani orang lain.

0 Response to "OBAT SEJATI"

Post a Comment