Sejarah Singkat Dan Kondisi Umum Harian Surya


Harian Surya awalnya adalah sebuah surat kabar yang tergabung dalam Pos Kota Group. Sejak Tahun 1989, harian ini bergabung dengan Kelompok Kompas Gramedia. Tanggal 10 November 1989 adalah tanggal pertama kali Suraya terbit. Di awal – awal pendirian koran ini, beberapa wartawan Kompas dilibatkan. Diantaranya H Fahmi Myla, H Yamin Indas, Anwar Hudijono, Trias Kuncahyono (sekarang Wapemred Kompas), Basuki, dan Yesayas Octavianus, Manuel Kaiseipo, Valens Goa Day, Peter Gero. Inilah pasukan yang biasa disebut dengan Pasukan 'Kopassus' yang diterjunkan mempersiapkan kelahiran Surya (Kaiseipo : 2007).
Penerbitan Surya pada 1989 juga harus dipahami dalam perspektif bahwa media awalnya alat perjuangan penuh idealisme. Seiring waktu, media pers juga menjadi institusi bisnis. Maka ada juga kepentingan profit secara ekonomi. Ini wajar di era globalisasi yang mengutamakan mekanisme pasar bebas. Pasti ada tolak-tarik kepentingan yang sering menyerap habis energi dan pikiran, bahkan menekan batin.
Dalam konteks itu bisa dipahami, mengapa saat pertama terbit, Surya menyandang amanah : Suara Jawa Timur, Suara Indonesia Timur. Tentu, dengan berjalannya waktu, Surya perlu melakukan penyesuaian. Akan tetapi, spirit Jawa Timur dan Indonesia Timur masih terasa kental dalam tulisan dan rubrikasi harian ini.
Dari situs resmi koran ini disebutkan bahwa harian Surya dicetak di PT. Antar Surya Jaya. Perusahaan ini merupakan badan usaha yang bergerak pada bidang penerbitan pers dan percetakan umum yang berdiri sejak tanggal 28 Juni 1989, dari penerbitan saat itu menerbitkan Surya dari sisi komersil percetakan ini melayani jasa cetak untuk kebutuhan instansi Pemerintah maupun Swasta.
Terhitung sejak 10 Nopember 1989, PT Antar Surya Jaya bergabung dengan Kompas Group Jakarta. Selain menerbitkan surat Kabar secara harian, bidang percetakan dikembangkan menjadi bisnis secara umum, sesuai dengan tuntutan pertumbuhan dan kebutuhan saat itu. Sebagai salah satu perusahaan percetakan terbesar di Jawa Timur, dan sebagai pendukung penerbitan Kelompok Kompas Gramedia (KKG), perusahaan ini selalu memperbaharui diri dengan teknologi terbaru di bidang percetakan.

1 Response to "Sejarah Singkat Dan Kondisi Umum Harian Surya"