CONTOH PENULISAN LAPORAN


PENULISAN LAPORAN
14.1. Pengertian
Jika suatu penelitian sudah selesai dilakukan, maka peneliti harus membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk tertulis. Laporan penelitian merupakan bentuk pertanggungjawaban. Ada berbagai versi laporan hasil penelitian tergantung dari lembaga ataupun pakar mana yang menulisnya. Sekalipun demikian ada benang merah dalam isi penulisan laporan, yaitu terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut: Bagian I berisi Pendahuluan; Bagian II berisi kajian Pustka; Bab III berisi Metodologi yang digunakan; Bagian IV berisi Hasil Penelitian dan Bagian V berisi Kesimpulan dan Saran.
  1. 14.2 Beberapa Model Bentuk Laporan
14.2.1 Laporan Hasil Penelitian Bisnis: Laporan hasil penelitian bisnis
contohnya sebagai berikut:
  1. Judul
  2. Ringkasan Ekskutif (abstrak)
  3. Daftar Isi
  4. Pendahuluan
  5. Isi Laporan yang mencakup:
    1. Metodologi
    2. Hasil Penelitian
    3. Batasan-Batasan
    4. Kesimpulan dan Saran
    5. Apendiks yang mencakup:
      1. Instrumen Koleksi Data
      2. Tabel-Tabel
c. Bahan-Bahan Pendukung yang Cocok Lainnya
(Cosenza, 1985:449)
Secara lebih detil dapat diterangkan sebagai berikut: Judul mengidentifikasi subyek laporan hasil penelitian
Ringkasan Eksekutif berisi ringkasan hasil laporan secara keseluruhan biasanya membicarakan hasil temuan penelitian, metode yang digunakan serta kesimpulannya
Daftar Isi berisi tentang judul-judul dan sub-judulnya pokok-pokok bahasan
seluruh isi laporan hasil penelitian.
Pendahuluan berisi tentang informasi latar belakang yang dibutuhkan oleh pembaca agar dapat memahami isi hasil penelitian. Dalam bagian ini diterangkan tujuan penelitian dan informasi tambahan lainnya yang akan menuntun pembaca untuk dapat memahami isi hasil penelitian
Isi menguraikan tentang detil-detil pokok penelitian mencakup 1) metodologi apa yang digunakan dalam melakukan penelitian tersebut, 2) hasil penelitian sebenarnya, 3) pernyataan adanya keterbatasan yang ada dalam penelitian tersebut.
Metodologi terutama mendiskusikan tentang metode dan prosedur yang digunakan dalam mengumpulkan dan menganalisa data. Pada bagian metodologi ini peneliti harus menguraikan semua hal yang berkaitan dengan penggunaan metode dan prosedur pengumpulan dan analisa data secara detil sehingga pembaca dapat melihat kualitas hasil penelitian tersebut melalui cara-cara peneliti menggunakan metode dan prosedur dalam melakukan kegiatan penelitian tersebut.
Pada bagian hasil penelitian peneliti harus dapat secara jelas menggambarkan temuan-temuan pokok penelitian yang dipaparkan secara logic dan mudah dipahami oleh pembaca misalnya dengan menggunakan bantuan grafik, table atau gambar.
Pada bagian batasan hasil penelitian peneliti menuliskan pernyataan mengenai batasan-batasan studi, yang biasanya menguraikan secara eksplisit bahwa peneliti ingin mendapatkan hasil penelitian yang sempurna, tetapi pada kenyataannya tujuan tersebut tidak akan pernah tercapai. Oleh karena itu, peneliti
menyampaikan kelemahan-kelemahan hasil penelitiannya kepada para pembacanya agar mereka menyadari adanya kelemahan-kelemahan dalam studi tersebut.
Kesimpulan dan Saran pada bagian ini peneliti harus mampu menggambarkan rasional atau alasan ilmiah dari mana kesimpulan itu dihasilkan. Langkah-langkah dalam menyusun kesimpulan harus diterangkan tahapannya secara detil sehingga pembaca dapat mengetahui dari mana asal kesimpulannya; sehingga peneliti memberikan saran-saran sebagaimana yang ditulisnya.
Apendiks berisi semua informasi dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan penelitian tersebut, misalnya instrumen untuk mengumpulkan data, table-table penghitungan komputer dan bahan-bahan lain yang sesuai dan digunakan dalam penelitian tersebut.
14.2.1 Laporan Hasil Ilmiah (Umum): Laporan hasil penelitian ilmiah (umum)
contohnya akan diambil dari ketentuan Lembaga Pembinaan Penelitian dan
Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai berikut:
SISTEMATIKA LAPORAN AKHIR HASIL PENELITIAN
Lembar Identitas dan Pengesahan
Ringkasan dan Summary
Prakata
Daftar tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
Bab I. Pendahuluan
Bab II. Tinjauan Pustaka
Bab III. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Bab IV. Metode Penelitian
Bab V. Hasil dan Pembahasan
Bab VI. Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
(termasuk instrumen penelitian, personalia tenaga peneliti beserta
kualifikasinya, dll)

0 Response to "CONTOH PENULISAN LAPORAN"

Post a Comment